kumparan
28 Juni 2019 9:37

Kenali 5 Gejala Kanker Serviks Stadium Awal

Kanker Serviks
Ilustrasi kanker serviks. Foto: Shutterstock
Kanker serviks adalah suatu penyakit yang ditandai dengan tidak normalnya pertumbuhan sel-sel permukaan yang melapisi leher rahim. Sel-sel abnormal ini bisa kembali tumbuh normal atau malah menjadi kanker.
ADVERTISEMENT
Di Indonesia, kanker serviks menempati urutan pertama penyebab kematian akibat kanker pada perempuan. Karenanya, kita perlu mengenali gejala-gejala kanker serviks stadium awal, agar dapat segera mendapatkan perawatan dan pertolongan.
1. Merasa lelah terus-menerus
Sebenarnya kelelahan merupakan hal yang wajar, terutama apabila Moms termasuk wanita yang aktif. Namun, apabila gejala kelelahan tidak pernah mereda, segera periksakan ke dokter. Gejala kanker serviks berupa kelelahan ini disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel kanker, yang mengambil energi dan cadangan makanan tubuh. Akibatnya, Moms kekurangan nutrisi dan cepat lelah.
2. Jadwal BAB berubah, mungkin menjadi sulit BAB
Benjolan kanker serviks yang tumbuh membesar dapat menekan usus, sehingga membuat susah BAB. Untuk itu, selalu perhatikan kondisi kesehatan secara umum. Jika belakangan ini merasa sulit BAB dan menampakkan gejala-gejala umum kanker serviks lainnya, segera periksakan diri ke dokter.
ADVERTISEMENT
3. Nyeri panggul
Jangan remehkan rasa nyeri pada panggul. Mungkin, nyeri panggul bisa dianggap normal apabila Moms memasuki masa menstruasi. Namun, jika nyeri panggul muncul saat berhubungan intim, ini bisa menjadi gejala kanker serviks stadium awal. Segera hubungi dokter untuk mendapat pemeriksaan lengkap.
4. Keputihan tidak normal
Keputihan merupakan suatu fenomena yang umum dialami wanita. Namun, ada kalanya keputihan ini menunjukkan suatu gejala penyakit lain. Apabila keputihan berbau menyengat dan warnanya tidak bening seperti biasanya, mungkin Moms sedang mengalami gangguan kesehatan, termasuk kanker serviks.
5. Keluar darah dari vagina
Keluarnya darah dari vagina adalah satu dari banyaknya gejala umum kanker serviks. Apabila Moms tidak sedang menstruasi, darah yang keluar dari vagina ini dapat menjadi pertanda penting bahwa Moms sedang mengalami gangguan kesehatan dan harus segera diperiksakan ke dokter. Biasanya, perdarahan vagina karena kanker serviks terjadi setelah berhubungan seksual.
ADVERTISEMENT
Lakukan pencegahan kanker serviks sejak dini dengan cara pap smear rutin, tes skrining rutin apabila sudah pernah berhubungan intim, vaksinasi HPV, dan selalu menjaga kebersihan vagina.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan