kumparan
News8 Februari 2020 21:03

Semarak Street Festival Cap Go Meh di Gorontalo

Konten Redaksi Banthayo
6.jpg
Perayaan Street Festival Cap Go Meh 2020 di Kota Gorontalo. Sabtu, (8/2). Foto: Dok Banthayo.id (Wawan Akuba)
BANTHAYO.ID, GORONTALO - Perayaan Street Festival Cap Go Meh 2020 di Kota Gorontalo berlangsung meriah. Ratusan orang tumpah ruah di sepanjang Jalan S Parman Kota Gorontalo malam tadi. Walaupun berdesak-desakan, tidak menyurutkan niat mereka untuk menyambut pawai kebudayaan untuk memeriahkan perayaan hari terakhir di Tahun Baru Imlek.
3.jpg
Ratusan orang tumpah ruah di sepanjang Jalan S Parman Kota Gorontalo untuk menyaksikan perayaan keagamaan tersebut. Foto: Dok Banthayo.id (Wawan Akuba)
Perayaan Cap Go Meh di Gorontalo berpusat di Klenteng Tulus Harapan Kita yang berada di Jalan Sultan Hasanudin, Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Pawai dimulai pukul 18.00 WITA, Sabtu (8/2). Rute iring-iringan Cap Go Meh dilepas dari Klenteng Tulus Harapan Kita.
1.jpg
Perayaan Cap Go Meh di Gorontalo berpusat di Klenteng Tulus Harapan Kita yang berada di Jalan Sultan Hasanudin, Kelurahan Biawao, Kecamatan Kota Selatan, Kota Gorontalo. Foto: Dok Banthayo.id (Wawan Akuba)
Lalu iring-iringan melewati belakang Kantor Wali Kota Gorontalo. Kemudian menuju Jalan Jenderal Suprapto, Jalan M.T. Haryono, Jalan S Parman, Rumah Dinas Wali Kota Gorontalo, dan finis kembali di Klenteng Tulus Harapan Kita.
2.jpg
Rute iring-iringan Cap Go Meh dilepas dari Klenteng Tulus Harapan Kita. Foto: Dok Banthayo.id (Wawan Akuba)
“Saya datang bersama anak-anak untuk menyaksikan perayaan ini. Ya, walaupun harus berdesak-desakan,” kata Yayu, ditemui di lokasi.
7.jpg
Rute iring-iringan Cap Go Meh dilepas dari Klenteng Tulus Harapan Kita. Foto: Dok Banthayo.id (Wawan Akuba)
Bersama dua anaknya, Yayu datang jauh-jauh dari Kabupaten Gorontalo hanya untuk menyaksikan kemeriahan Cap Go Meh. Ia mengaku, setiap tahun memang menyempatkan waktu menyaksikan perayaan ini.
8.jpg
Atraksi barongsai juga ditampilkan dalam perayaan tersebut. Foto: Dok Banthayo.id (Wawan Akuba)
Sedangkan Bianca, seorang pengunjung mengaku melihat perayaan ini membuatnya semakin yakin bahwa toleransi beragama di Gorontalo sedang baik-baik saja. Karena ada beragam umat beragama yang datang menyaksikan ini.
4.jpg
Rute iring-iringan Cap Go Meh dilepas dari Klenteng Tulus Harapan Kita. Foto: Dok Banthayo.id (Wawan Akuba)
“Saya lihat, ini menjadi gambaran bahwa toleransi antar-umat beragama di Gorontalo memang baik-baik saja. Kita saling dukung di sini. Saling menghadiri perayaan masing-masing agama,” tutupnya.
ADVERTISEMENT
-----
Reporter: Wawan Akuba
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan