kumparan
search-gray
Entertainment1 April 2020 22:03

Sekarang Tajir Melintir, Komedian Ini Ternyata Pernah Jualan Jagung Rebus

Konten kiriman user
PTR, Sule di kediamannya
Sule di kediamannya di kawasan Bekasi, Jawa Barat, Rabu (8/1). Foto: Regina Kunthi Rosary/kumparan
Sule saat ini menjadi salah satu komedian ternama di Indonesia. Pria dengan nama asli Entis Sutisna itu sudah menjajal berbagai bidang dalam industri hiburan Tanah Air, mulai dari musik, akting hingga presenting.
ADVERTISEMENT
Namun, di balik kesuksesan Sule saat ini, ada perjuangan panjang yang harus dilaluinya. Dia pun juga sempat merasakan jatuh bangun dalam membangun kariernya hingga bisa seperti sekarang.
Sule sendiri memang berasal dari keluarga yang sederhana. Ayahnya merupakan seorang penjual bakso kelililing. Namun, bakat lawak Sule memang sudah terlihat sejak dia masih muda.
Sule usai acara 7 hari Lina
Sule usai acara 7 hari Lina. Foto: Rachmadi Rasyad/kumparan
Sejak usia 10 tahun, ia telah menjadi salah satu murid pelawak senior, Kang Ibing. Bakatnya seninya makin terasah ketika menempuh pendidikan di Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI Bandung).
Pada tahun 1997, Sule menikah dengan mendiang Lina Djubaedah. Ketika itu, Sule masih hidup dengan sederhana. Bahkan tak jarang mereka meminjam uang untuk sekadar membayar sewa rumahnya.
Kala itu Sule sudah mulai melawak untuk sejumlah acara, namun penghasilannya tak mampu menutupi kebutuhan sehari-hari. Untuk menutupinya, Sule pernah kerja serabutan, mulai dari berjualan jagung rebus, hingga ayam goreng dengan pendapatan Rp 20 ribu per hari.
Sule
Sule. Foto: Munady Widjaja
Bersama Oni Suwarman dan Obin Wahyudin, Sule kemudian mebangun grup lawak SOS. Pada tahun 2004, mereka ke Jakarta dan bertahan hidup mengamen dengan gitar ukulele.
ADVERTISEMENT
Pada tahun 2005, ketiganya kemudian mengikuti Audisi Pelawak TPI. Dalam ajang tersebut mereka keluar menjadi pemenang. Dari ajang tersebut nama Sule kian dikenal banyak orang.
Baru satu tahun berkarier bersama SOS, nama Sule kian tersohor dan ia pun kerap disandingkan dengan artis senior, mulai dari Jaja Miharja hingga Komeng. Ia lantas mengundurkan diri dari SOS dan bersolo karier.
Pelawak, Entis Sutisna atau Sule
Pelawak, Entis Sutisna yang dikenal dengan nama Sule tiba di Pengadilan AgamaCimahi, Jawa Barat. Foto: Mustika Sari/kumparan
Nama Sule makin melejit sejak menjadi wayang orang di acara Opera Van Jav' di tahun 2008. Dia pun disandingkan dengan banyak komedian dan artis, termasuk Andre Taulany, Aziz Gagap, Nunung, dan Parto Patrio.
Acara tersebut membawa Sule ke puncak kariernya. Bahkan Sule sempat disinyalir memiliki kekayaan fantastis yang bernilai miliaran rupiah.
Dari hasil kerja kerasnya itu, Sule berhasil membeli rumah mewah di kawasan Bekasi, Jawa Barat. Ia juga memiliki beberapa mobil mewah dan motor besar seharga ratusan juta di garasinya.
ADVERTISEMENT
Setelah 5 tahun terlibat dalam Opera Van Java, ia memutuskan mundur dari acara yang telah membesarkan namanya itu pada 28 April 2014.
Ketika sudah tidak lagi bermain di acara Opera Van Java, Sule coba peruntungan menjadi host bersama Andre Taulany di acara Ini Talkshow. Sejak saat itu Sule makin diperhitungkan di dunia hiburan Tanah Air.
Pada rentang tahun 2011 hingga 2019, Sule masuk dan memenangkan nominasi dalam sejumlah penghargaan.
Selain dunia lawak, Sule juga melebarkan sayap ke dunia akting lewat sinetron Awas Ada Sule. Sule juga pernah terlibat dalam beberapa film, salah satunya berjudul Hongkong Kasarung.
Bukan cuma itu, Sule juga sempat menjajaki karier di dunia tarik suara. Susis merupakan salah satu single yang menjadi andalannya.
ADVERTISEMENT
Buah dari perjalanan dan panjang yang pernah dia jalani sebelumnya nampaknya terbayar saat ini. Sule kini menjadi salah satu artis termahal dengan bayarannya digadang-gadang mencapai Rp 1 miliar rupiah.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white