5 Situs yang Cocok untuk Reseller Dropship Agar Raup Cuan

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
2 Februari 2021 15:32
·
waktu baca 6 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
5 Situs yang Cocok untuk Reseller Dropship Agar Raup Cuan. Foto: Pixaby
ADVERTISEMENT
Biaya hidup dari hari ke hari semakin mahal. Tidak bisa hanya bergantung dari satu sumber penghasilan atau mengandalkan gaji bulanan. Banyak orang yang menekuni pekerjaan sampingan agar mendapatkan penghasilan tambahan.
ADVERTISEMENT
Ada berbagai macam pekerjaan yang bisa dijajal untuk memiliki pekerjaan sampingan. Salah satunya adalah usaha online shop. Mengingat saat ini semuanya serba online, banyak orang yang menjadikan ini sebagai peluang usaha.
Kamu bisa memulai buka online shop dengan sistem reseller dropship. Dengan sistem ini, kamu tidak perlu menyetok barang dagangan. Kamu cukup menjual barang dari suatu supplier dengan mengambil keuntungan dari selisih harga produk awal.
Jika kamu tertarik dengan usaha ini dan bertanya-tanya, bagaimana caranya menjadi reseller dropship? Kamu bisa menyimak artikel selengkapnya di bawah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Reseller?

Secara sederhana, reseller merupakan salah satu jenis bisnis dengan modal yang tak terlalu besar. Inilah mengapa, jenis usaha yang satu ini terbilang cukup banyak digandrungi oleh pebisnis pemula.
Ilustrasi reseller. Foto: Unsplash.com
Menurut KataKita dalam buku Reseller Vs Dropship, reseller adalah pihak yang menjual ulang suatu produk. Berdasarkan pengertian tersebut, dapat diketahui bahwa seorang reseller tak perlu memproduksi suatu barang.
ADVERTISEMENT
Sebab, mereka hanya membeli produk dari supplier atau pedagang lain yang kemudian dijual kembali dengan harga lebih tinggi. Hal itu bertujuan untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

Apa Itu Reseller Online?

Konsep reseller yang menjual kembali produk orang lain juga dapat diterapkan secara online. Hal itu mengingat bahwa keberadaan teknologi dan Internet memungkinkan suatu bisnis dapat berjalan lebih efektif dan memiliki jangkauan yang lebih luas.
Ilustrasi menjadi reseller online. Foto: Unsplash.com
Menyadur buku Bisnis Online: Strategi dan Peluang Usaha oleh Dicky Nofriansyah, dkk., reseller online merupakan salah satu jenis bisnis yang dijalankan dengan bantuan media Internet.
Adanya sistem reseller online tersebut berhasil menarik antusiasme berbagai kalangan untuk mencoba peluang usaha yang satu ini. Sebut saja golongan ibu rumah tangga, pelajar hingga mahasiswa. Selain tak memerlukan banyak modal, sistem reseller online tak memerlukan tempat untuk menggelar produk yang dijual kembali.
ADVERTISEMENT

Apa Langkah Awal Menjadi Reseller?

Bagi kamu yang tertarik memulai usaha yang satu ini, simak cara menjadi reseller online shop berikut ini.

1. Siapkan Modal

Yang harus kamu siapkan pertama kali adalah modal. Apa saja modalnya? Pertama adalah smartphone dan koneksi internet. Karena kamu akan memasarkan barang dagangan melalui media sosial atau marketplace. Kedua adalah modal. Sebagai reseller dropship, tentunya kamu harus menyiapkan modal awal untuk menjadi member dari suatu supplier atau distributor.
Ilustrasi menjadi member supplier. Foto: Unsplash.com

2. Jadi Member Supplier atau Distributor

Sudah disinggung di poin pertama, kamu akan bergabung dengan suatu supplier atau distributor terlebih dulu jika ingin menjadi reseller dropship. Dari bergabung ini, kamu bisa memilih berbagai macam barang yang sudah disediakan untuk para member jual lagi tanpa perlu menyetok barang dengan mematok keuntungan dari selisih harga supplier.
ADVERTISEMENT
Biaya yang dikeluarkan sebagai member itu bervariasi, tergantung dari supplier atau distributor tersebut. Tapi jangan khawatir, biasanya harga yang dipatok untuk menjadi member cukup terjangkau. Untuk mengetahui situs penyedia reseller dropship, kamu bisa lanjutkan membaca artikel di bawah ini, ya!

5 Situs Penyedia Reseller Dropship

Berikut ini adalah lima rekomendasi situs penyedia reseller atau pun dropship yang dapat dijadikan referensi untuk memulai usaha:

1. Dropshipaja.com

Situs penyedia reseller dropship yang pertama ini milik Rico Huang. Dropshipaja.com adalah supplier yang fokus di bidang print on demand, di mana para anggotanya bisa melakukan custom desain, produknya antara lain casing, kaus, mug, photobook, dan sebagainya.
Untuk menjadi member di sini, kamu bisa langsung kunjungi ke situs tersebut, supplier ini membuka harga promo di angka Rp 99 ribu dan harga biasa sekitar Rp 150 ribu hingga Rp 500 ribu. Dengan biaya sebesar itu, kamu akan mendapat keuntungan, seperti proses produksi cepat, ada komunitas sesama penjual, layanan customer service yang siap membantu jika ada kendala, dan lainnya.
ADVERTISEMENT

2. Sahabatdropshipper.com

Selanjutnya, situs penyedia yang satu ini mengeklaim ada ratusan produk siap jual, antara lain kaus, jaket, sepatu, hijab, celana, dan lainnya. Untuk bergabung menjadi reseller dropship di sahabatdropshipper.com, ada beberapa pilihan membership dengan harga yang berbeda-beda. Mulai dari membership tiga bulan sebesar Rp 95 ribu hingga setahun di angka Rp 225 ribu.
Dengan membayarkan sejumlah itu, kamu mendapatkan beberapa benefit, seperti akses produk siap jual, disediakan website toko online gratis, transaksi unlimited, dan lainnya. Untuk mengetahui secara lengkap, kamu bisa langsung mengujungi website terkait.
Ilustrasi mencari situs penyedia reseller. Foto: Unsplash.com

3. Bandros.co.id

Platform yang didirikan sejak 2014 ini menawarkan sistem reseller dropship yang berjualan tanpa stok barang dan modal yang terjangkau. Dengan mengeklaim lebih dari 14.000 produk lokal siap dijual, kamu bisa menemukan barang pilih, seperti fashion, makanan, hingga kosmetik.
ADVERTISEMENT
Harga member yang dibanderol dari bandros.co.id mulai dari Rp 90 ribu untuk tiga bulan, Rp 140 ribu untuk 6 bulan, dan Rp 225 ribu untuk setahun. Adapun keuntungan yang didapatkan jika kamu menjadi reseller dropship ini, yaitu akses puluhan video tutorial bisnis online, marketing kit agar mudah berjualan, dan lainnya.

4. Resellerdropship.com

Untuk situs penyedia reseller dropship ini kamu cukup mengeluarkan biaya keanggotan sebesar Rp 150 ribu untuk satu tahun. Dengan membayar sebesar itu, kamu mendapat fasilitas mengakses ke ribuan produk fashion dengan gambar, deskripsi, harga dan informasi stock barang. Terdapat juga garansi service barang hingga garansi retur.

5. 101red.com

Situs penyedia reseller dropship yang terakhir adalah 101red.com. Platfrom milik Chrtisina Lie ini merupakan distributor fashion online shop terbesar di Indonesia. Kamu akan mendapat benefit mentoring berjualan, tidak perlu repot packaging barang, serta keuntungan lainnya.
ADVERTISEMENT

Cara Kerja Reseller Itu Seperti Apa?

Meski cukup mudah dipraktikkan, tak sedikit yang belum memahami cara kerja reseller. Perlu diketahui bahwa sistem reseller dan dropshipper memiliki perbedaan satu sama lain.
Menurut sumber yang sama, untuk reseller, produk akan dikirim oleh penjual ke pihak reseller. Selanjutnya, jika terdapat pesanan dari konsumen, maka produk akan langsung dikirimkan oleh reseller kepada konsumen tersebut.
Sedangkan pada sistem dropshipper, pengiriman produk ke konsumen tidak dilakukan oleh reseller. Sebab, sistem dropship hanya membeli produk dari penjual jika terdapat pemesanan dari konsumen.
Ilustrasi melakukan kerja sama bisnis antara distributor dan reseller. Foto: Unsplash.com
Sementara dari segi penentuan harga jual, reseller berhak untuk menentukan harga jual kepada konsumen sesuai profit yang diharapkan. Sedangkan dropshipper tak berhak menentukan harga jual kepada konsumen.
ADVERTISEMENT
Hal itu dikarenakan pihak penjual yang langsung mengirimkan barang ke konsumen. Dengan kata lain, dropshipper hanya berperan sebagai perantara antara penjual dengan pembeli. Dengan demikian, cara kerja reseller secara garis besar dapat dituliskan sebagai berikut:
Itulah uraian terkait reseller sebagai salah satu opsi berbisnis bagi pemula. Bagaimana? Apakah kamu tertarik memulai bisnis yang satu ini?