Bisnis
·
20 November 2020 6:33

Mencuat Kasus Dana Nasabah Raib, Ini Tips Aman Menabung di Bank

Konten ini diproduksi oleh Berita Bisnis
Mencuat Kasus Dana Nasabah Raib, Ini Tips Aman Menabung di Bank (14488)
searchPerbesar
Ilustrasi Menggunakan ATM Foto: Shutter Stock
Sejumlah kasus dana nasabah raib di bank, mencuat. Beberapa waktu lalu, wartawan senior Ilham Bintang, kehilangan dana hingga Rp 200 juta dari simpanannya di Bank Commonwealth. Terbaru, atlet e-sport Winda Earl yang dananya sebesar Rp 22 miliar raib dari rekeningnya di Maybank Indonesia.
ADVERTISEMENT
Terlepas dari penyebab kasus pembobolan nasabah bank, kasus-kasus raibnya dana itu sedang diselidiki polisi. Untuk menghindari jadi korban kasus serupa, ada sejumlah tips aman menabung di bank.
Ketua Bidang Pengkajian dan Pengembangan Perbanas (Perhimpunan Bank Swasta Nasional), Aviliani, membagi sejumlah tips. Dia antara lain mengingatkan agar nasabah tak sembarangan menitipkan uang atau memberikan data kepada karyawan di perbankan.
"Nasabah jangan menitipkan setoran dana atau buku tabungan atau sertifikat kepada petugas bank," ujar Aviliani.
Mencuat Kasus Dana Nasabah Raib, Ini Tips Aman Menabung di Bank (14489)
searchPerbesar
Pengamat ekonomi, Aviliani. Foto: Joseph Pradipta/kumparan
Selain itu, dari berbagai sumber diketahui ada sejumlah tips aman lainnya yang harus diperhatikan. Yakni,
  • Jangan pernah memberikan PIN ATM/user ID, password, PIN mobile banking, hingga OTP banking/internet banking, ke sembarang orang. Termasuk ke pihak-pihak mengaku dari bank, karena petugas bank tak akan pernah menanyakan hal itu.
  • Pemilik tabungan, usahakan agar mencetak riwayat transaksi di buku tabungan atau cek saldo tabungan secara berkala, paling tidak sebulan sekali. Sehingga bila ada kejanggalan dapat segera diketahui dan dilaporkan baik ke pihak bank maupun kepolisian.
  • Amankan segala data identitas pribadi nasabah. Seperti tempat dan tanggal lahir, nama ibu kandung. Juga termasuk PIN/Password ponsel.
  • Ganti password secara berkala, baik password ATM, online banking, maupun password smartphone.
ADVERTISEMENT