Siap-siap, Bioskop Bakal Buka Lagi Mulai 14 September

Berita dan Informasi Praktis soal Ekonomi Bisnis
Konten dari Pengguna
9 September 2021 11:23
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Bisnis tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi di dalam bioskop. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi di dalam bioskop. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI), Djonny Syafruddin menyampaikan bahwa rencana pembukaan bioskop pada 14 September 2021 semakin menguat. Namun, pihaknya masih harus menunggu hingga adanya surat resmi dari pemerintah.
ADVERTISEMENT
Di samping itu, pihak GPBSI sudah melakukan banyak persiapan untuk menanggapi sinyal pembukaan bioskop tersebut. Mulai dari protokol kesehatan, film yang akan ditayangkan, juga pemenuhan regulasi untuk pengawasan.
Untuk protokol kesehatan, GPBSI menyatakan bahwa bioskop hanya menampung penonton sebanyak 50% dengan bangku berjarak. Selain itu, kegiatan makan dan minum dalam bioskop juga belum diperbolehkan.
Tak hanya itu, bagi pengunjung bioskop juga wajib menunjukkan bukti vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi minimal dosis pertama. Oleh karena itu, penonton harus dipastikan telah mengunduh aplikasi PeduliLindungi dalam gawainya untuk menunjukkan bukti vaksin. Melalui aplikasi tersebut, tercatat juga riwayat mobilisasi dari setiap pengunjung yang telah terdaftar.
Persiapan ini telah dilakukan beberapa pekan sebelum tanggal rencana pembukaan bioskop. Hal tersebut dimaksudkan untuk memastikan seluruh elemen telah berjalan dengan baik dan mengikuti ketentuan yang ditentukan Pemerintah Pusat.
ADVERTISEMENT
Melansir informasi yang ada, GPBSI berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk memastikan kesiapan dari rencana dibukanya bioskop ini dapat berjalan dengan baik. Hal ini juga menyangkut semakin turunnya level Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di beberapa kawasan Indonesia.
Djonny berharap agar pembukaan bioskop dapat dimulai dari Ibu Kota Jakarta. Setelah itu, daerah lain secara perlahan juga dapat turut kembali membuka layanan bioskopnya.