News
·
30 April 2020 17:11

10 Fakta Unik Perayaan Hari Buruh atau May Day

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
10 Fakta Unik Perayaan Hari Buruh atau May Day (113270)
Peringatan Hari Buruh di Jakarta. (Foto: Reuters/Beawiharta)
Sejak abad ke-19, 1 Mei diperingati sebagai Hari Buruh Internasional atau dikenal dengan May Day. Momen ini untuk memperingati perjuangan keras para buruh sejak dulu.
ADVERTISEMENT
Aksi turun ke jalan untuk menyampaikan aspirasi kerap mewarnai momen May Day. Tak hanya di Indonesia, aksi ini juga kerap dilakukan di sejumlah negara yang memperingati hari buruh. Dipandang sebagai hari solidaritas, hari buruh pun menyimpan berbagai fakta unik dibalik perayaannya.
Lalu apa saja fakta unik tentang Hari Buruh? Dikutip dari berbagai sumber, berikut informasi selengkapnya.
10 Fakta Unik Perayaan Hari Buruh atau May Day (113271)
Masih soal Trump dalam Hari Buruh. (Foto: REUTERS/ Kyle Grillot)
  1. Terjadi pertama kali di Kanada pada tahun 1872, sebelum akhirnya bergerak cepat ke selatan hingga ke Amerika Serikat. Hari buruh awalnya diperingati sebagai demonstrasi signifikan yang menuntut hak-hak pekerja.
  2. Hari buruh Amerika Serikat pertama dirayakan pada Selasa, 5 September 1882. Di era 1800-an, rata-rata orang Amerika bekerja 12 jam dan tujuh hari dalam sepekan dengan upah yang tidak layak.
  3. Anak-anak usia 5 hingga 6 tahun turut dipekerjakan di pabrik tambang pada tahun 1800-an tanpa adanya perlindungan dan sistem kerja yang layak.
  4. Menjadi perayaan yang melahirkan sistem kerja 8 jam di tahun 1916. Ini adalah undang-undang federal pertama yang mengatur jam kerja di perusahaan swasta
  5. Oregon menjadi negara bagian pertama yang menjadikan Hari Buruh sebagai hari libur nasional pada tahun 1887
10 Fakta Unik Perayaan Hari Buruh atau May Day (113272)
Hari Buruh di Jakarta. (Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim)
  1. Menjadi bentuk seruan yang mana penyebutan May Day pada hari buruh dikaitkan dengan kata ‘Mayday’ yang dalam bahasa Prancis berarti ‘tolonglah kami’
ADVERTISEMENT
  1. Sebutan hari buruh di sejumlah negara berbeda. Ada yang merayakannya dengan sebutan International Workers’ Day (Hari Pekerja Internasional), May Day, dan Labor Day (Hari Buruh)
  2. Di Indonesia, hari buruh sebenarnya telah diperingati sejak 1 Mei 1920. Namun, pada masa orde baru kala itu, hari buruh sering dikaitkan dengan partai komunis sehingga perayaannya dihapuskan
  3. Pada tahun 2013, Indonesia kembali menetapkan 1 Mei sebagai Hari Buruh Internasional. Sedangkan penetapannya sebagai hari libur nasional baru diberlakukan pada 2014
  4. Hari Buruh di Indonesia dikenal identik dengan demonstrasi besar-besaran yang kerap menuntut adanya kenaikan UMR
(RDR)