7 Cara agar Tidur Nyenyak dan Bangun dalam Keadaan Segar

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
7 Maret 2024 13:45 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi tidur yang nyenyak dan berkualitas. Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi tidur yang nyenyak dan berkualitas. Foto: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Sebagian orang sulit mendapatkan tidur yang nyenyak sehingga terbangun dalam keadaan yang letih dan tidak segar. Untuk mengatasi hal ini, penting menerapkan cara agar tidur nyenyak yang bisa langsung dipraktikkan mulai hari ini.
ADVERTISEMENT
Membangun kebiasaan baik yang menunjang kualitas tidur menjadi hal penting. Sebab, menurut laman Healthline, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur membawa dampak negatif untuk hormon, kinerja olahraga, dan fungsi otak.
Gangguan tidur juga dapat menyebabkan penambahan berat badan secara siginifikan. Jika hal ini terus-menerus berlangsung dalam waktu lama, bisa jadi muncul risiko penyakit serius seperti obesitas dan serangan jantung.

Cara agar Tidur Nyenyak

Ilustrasi tidur nyenyak. Foto: Dok. Shutterstock
Mendapatkan tidur yang nyenyak bisa diusahakan dengan mengubah sejumlah kebiasaan sebelum tidur. Berikut ini beberapa tipsnya yang dirangkum dari laman Sleep Foundation.

1. Matikan Lampu

Paparan cahaya berlebihan dapat mengganggu ritme tidur dan sirkadian tubuh. Oleh karena itu, matikan lampu saat ingin tidur. Kalau perlu, gunakan masker penutup mata untuk menghalangi cahaya.
ADVERTISEMENT
Keadaan kamar yang gelap saat malam akan membantu tubuh beralih ke "mode tidur" dan meningkatkan produksi melatonin, yaitu hormon yang membuat tidur semakin nyenyak.

2. Minimalisir Suara

Ketenangan dapat membantu tidur menjadi lebih nyenyak. Jadi, usahakan untuk meminimalisasi suara di dalam kamar. Jika tidak mungkin untuk meredam suara bising, gunakan headphone yang memiliki fitur cancelling noise.

3. Tidurlah Minimal 7 Jam

Jika ingin mendapatkan tidur yang nyenyak, maka pastikan untuk tidur dengan durasi waktu yang disarankan, yaitu sekitar 7 jam. Jika memungkinkan, berikan waktu ekstra untuk mempersiapkan diri sebelum tidur.
Misalnya, Anda ingin bangun pada pukul 6 pagi, maka sebaiknya Anda sudah berada di kasur pada jam 10 malam. Dengan begitu, Anda punya waktu satu jam untuk menenangkan diri sebelum tidur jam 11 dan bangun jam 6 pagi.
ADVERTISEMENT

4. Pasang Alarm dengan Waktu yang Sama Setiap Hari

Tubuh akan kesulitan tidur nyenyak jika tidak memiliki rutinitas tidur yang sehat. Maksud tidak sehat di sini adalah tubuh selalu bangun pagi di waktu yang berbeda.
Oleh karena itu, pilih waktu bangun tidur yang paling ideal untuk Anda, kemudian buat menjadi konsisten untuk bangun di jam tersebut setiap harinya, termasuk di akhir pekan.

5. Tidur Siang 20 Menit

Ilustrasi tidur siang. Foto: MiniStocker/Shutterstock
Agar tidur lebih nyenyak di malam hari, jangan tidur siang terlalu lama atau terlalu sore. Waktu terbaik untuk tidur siang adalah sesaat setelah jam makan siang, yakni sekitar jam 12 sampai 1. Sedangkan durasi tidur siang yang direkomendasikan adalah sekitar 20 menit.

6. Merilekskan Diri 30 Menit Sebelum Tidur

Jauh lebih mudah bagi tubuh untuk tidur nyenyak jika dalam keadaan nyaman. Jadi, lakukanlah aktivitas yang santai sebelum tidur, seperti membaca buku, peregangan tubuh yang ringan, mendengarkan musik, meditasi, dan berbagai hal sejenisnya.
ADVERTISEMENT

7. Tidak Menggunakan Gadget 1 Jam Sebelum Tidur

Gadget memaksa otak untuk tetap bekerja sehingga membuatnya tidak bisa rileks. Cahaya dari gadget juga dapat menekan produksi melatonin. Jadi, batasi penggunaan gadget minimal satu jam sebelum tidur.
(DEL)