8 Makanan Mengandung Magnesium Tinggi yang Baik untuk Tubuh

Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
5 Maret 2023 15:50
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi makanan mengandung magnesium Foto: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan mengandung magnesium Foto: Shutterstock
Magnesium merupakan senyawa mineral yang baik untuk tubuh. Senyawa tersebut berperan penting dalam proses perkembangan struktur tulang, pergerakan otot, dan pengatur sistem syaraf.
Pada ibu hamil, magnesium biasa digunakan untuk mencegah dan mengatasi kejang saat eklamsia. Mengutip buku Kehamilan Sehat: Mewujudkan Generasi Berkualitas di Maa New Normal susunan Sekar Arum (2021), manfaat magnesium lainnya yaitu membantu pengobatan preeklamsia, membantu menunda persalinan prematur, dan melindungi otak bayi prematur.
Di sisi lain, magnesium juga efektif meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah kanker, dan meningkatkan kesehatan jantung. Oleh karena itu, setiap orang disarankan untuk mengonsumsi magnesium dalam jumlah cukup.
Apa saja makanan yang mengandung magnesium? Untuk mengetahui ragamnya, simaklah penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Makanan yang Mengandung Magnesium

Ilustrasi makanan mengandung magnesium. Foto: Shutter Stock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi makanan mengandung magnesium. Foto: Shutter Stock
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Harvard University, konsumsi makanan yang mengandung magnesium tinggi dapat mencegah diabetes hingga 33%, menurunkan kadar trigliserida, dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).
Magnesium memainkan peranan penting pada banyak enzim yang memindahkan dan menguraikan kelompok fosfat. Magnesium juga terlibat dalam dekarbosilasi enzimatik, hidrolisis protein, dan peptida.
Dirangkum dari buku 1001 Makanan Sehat susunan Tim Naviri (2015), berikut ini ragam makanan yang mengandung magnesium selengkapnya yang bisa Anda simak:

1. Biji-bijian

Mengonsumsi secangkir biji-bijian mampu memenuhi 100% kebutuhan magnesium harian Anda. Salah satu jenisnya yang paling kaya magnesium adalah biji bunga matahari.

2. Sayuran berdaun hijau

Tidak jauh beda dengan biji-bijian, sayuran hijau merupakan sumber utama magnesium. Sayuran ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Contoh sayurannya yaitu sawi, kangkung, pakcoi, dan lain-lain.

3. Ikan

Selain mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, ikan juga mengandung banyak magnesium. Menambah ikan ke menu harian Anda dapat membantu menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Ilustrasi ikan. Foto: Getty Images
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi ikan. Foto: Getty Images

4. Kacang kedelai

Kacang-kacangan mengandung serat, asam amino, dan senyawa magnesium yang tinggi. Anda bisa mengonsumsinya setiap hari untuk memenuhi kebutuhan magnesium Anda.

5. Alpukat

Alpukat adalah buah yang mengandung banyak senyawa kimia baik, salah satunya magnesium. Kandungan tersebut dapat memelihara kesehatan jantung, mencegah diabetes, dan mencegah penyakit kanker. Konsumsi alpukat yang cukup dapat menyehatkan Anda.

6. Dark chocolate

Dark chocolate mengandung magnesium yang cukup untuk tubuh. Saat mengonsumsinya, sebaiknya jangan tambahkan gula ataupun pemanis buatan. Anda bisa mengonsumsi dark chocolate secara langsung atau menyeduhnya dengan air hangat.

7. Pisang

Pisang bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan magnesium harian. Anda dapat mencampurkannya dengan oat ataupun kacang-kacangan untuk menambah khasiatnya.

8. Gandum utuh

Dalam 1 ons gandum utuh terdapat 65 mg magnesium. Selain itu, Anda juga bisa menemukan kandungan serat, vitamin B, dan selenium yang melimpah di dalamnya. Gandum bisa dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi asupan nutrisi harian Anda.
(MSD)
Apa itu magnesium?
chevron-down
Apa manfaat magnesium?
chevron-down
Apa manfaat magnesium untuk ibu hamil?
chevron-down