News
·
10 Mei 2021 13:30

Bacaan Takbiratul Ihram dan Doa Iftitah Arab, Latin, Beserta Artinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Bacaan Takbiratul Ihram dan Doa Iftitah Arab, Latin, Beserta Artinya (943127)
searchPerbesar
Gerakan takbiratul ihram yang wajib dikerjakna karena termasuk ke dalam rukun sholat Foto: iStock
Takbiratul ihram termasuk ke dalam salah satu rukun sholat. Sehingga, apabila tidak dikerjakan atau terlewat, maka sholatnya tidak sah.
ADVERTISEMENT
Dalam buku Kitab Induk Doa dan Zikir Terjemah Kitab al-Adzkar Imam an-Nawawi oleh Imam an-Nawawi, berdasarkan pendapat yang sahih, bacaan sholat takbiratul ihram tidak dibaca panjang tapi sedang. Kemudian, bacaan takbir selain takbiratul ihram dibaca panjang hingga sampai posisi rukun selanjutnya.
Disunnahkan bagi imam untuk membaca panjang takbiratul ihram dan pada takbir selanjutnya dibaca keras agar makmum dapat mengetahui dan mendengarkan. Sementara untuk makmum, takbiratul ihram dibaca dengan suara pelan, paling tidak dapat didengar sendiri.
Mengutip buku Buku Induk Doa & Zikir oleh Imam Nawawi, lafaz takbir adalah Allahu akbar atau Allaahul Akbar. Namun, dianjurkan untuk melafazkan yang pertama agar terhindar dari perselisihan karena beberapa mazhab menyatakan lafaz kedua tidak boleh dan dapat membuat sholat tidak sah.
ADVERTISEMENT
Berikut bacaan takbiratul ihram dalam bahasa Arab, Latin, artinya, dan doa iftitah sunnah yang dianjurkan untuk diamalkan dalam sholat.

Bacaan Takbiratul Ihram

اللَّهُ أَكْبَرُ
Allaahu akbar
Artinya: “Allah Maha Besar”
Setelah melafalkan takbiratul ihram, disunnahkan umat Muslim untuk membaca doa iftitah. Berikut bacaan doa iftitah:
اللهُ اَكْبَرُ كَبِرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَشِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَاَصِيْلًا . اِنِّى وَجَّهْتُ وَجْهِيَ لِلَّذِيْ فَطَرَالسَّمَاوَاتِ وَالْااَرْضَ حَنِيْفًا مُسْلِمًا وَمَا اَنَا مِنَ الْمُشْرِكِيْنَ . اِنَّ صَلَاتِيْ وَنُسُكِيْ وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِيْ لِلهِ رَبِّ الْعَا لَمِيْنَ . لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَبِذَ لِكَ اُمِرْتُ وَاَنَ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ .
Allaahu akbaru Kabiraa Walhamdulillaahi Katsiiraa, Wa Subhaanallaahi Bukratan Wa’ashiilaa, Innii Wajjahtu Wajhiya Lilladzii Fatharas Samaawaati Wal Ardha Haniifan Musliman Wamaa Anaa Minal Musyrikiin. Inna Shalaatii Wa Nusukii Wa Mahyaaya Wa Mamaatii Lillaahi Rabbil ‘Aalamiina. Laa Syariikalahu Wa Bidzaalika Umirtu Wa Ana Minal Muslimiin.
ADVERTISEMENT
Artinya: "Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Maha Suci Allah pada waktu pagi dan petang. Sesungguhnya aku hadapkan wajahku kepada Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dengan segenap kepatuhan atau dalam keadaan tunduk, dan aku bukanlah dari golongan orang-orang yang menyekutukan-Nya.
Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah Tuhan Semesta Alam, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dengan yang demikian itulah aku diperintahkan. Dan aku adalah termasuk orang-orang muslim (Orang-orang yang berserah diri)."
(PDN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white