Charcoal Warna Apa? Simak Pengertian dan Kombinasi Warnanya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
26 Oktober 2023 9:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi charcoal warna apa. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi charcoal warna apa. Foto: Unsplash
ADVERTISEMENT
Banyak pertanyaan tentang charcoal warna apa, karena warna tersebut mirip hitam namun juga mirip biru tua. Charcoal adalah warna yang netral dan mudah dikombinasikan dengan warna lain.
ADVERTISEMENT
Dalam bahasa Inggris, charcoal artinya arang. Nama warna charcoal pun diambil dari arang yang memiliki warna gelap, antara hitam dan abu-abu.
Lalu, charcoal itu warna apa? Kemudian, bagaimana cara mengombinasikan warna charcoal dengan warna lainnya?

Charcoal Warna Apa?

Ilustrasi charcoal warna apa. Foto: Unsplash
Warna charcoal adalah salah satu warna gelap yang banyak digemari orang-orang. Warna ini didominasi hitam, namun memiliki sedikit hint abu-abu dan biru.
Sebenarnya, warna charcoal seperti apa? Jawabannya, warna charcoal adalah warna hitam dan abu-abu dengan sedikit warna biru yang ditambahkan ke dalam campurannya. Charcoal berbeda dengan abu-abu, karena abu-abu adalah campuran putih dan hitam, sementara arang lebih dominan warna hitam dan sedikit kebiruan.
Seperti namanya, charcoal menyerupai warna arang aktif. Arang secara umum berwarna hitam, dan akan berubah menjadi keabu-abuan setelah dibakar. Karena kemiripan inilah nama charcoal diambil sebagai nama salah satu warna.
ADVERTISEMENT
Dikutip dari laman Canva, warna charcoal menggambarkan kekuatan dan misteri, seperti halnya warna hitam. Dalam dunia desain interior modern, warna charcoal banyak digunakan secara luas. Maka dari itu, warna charcoal sering dikaitkan dengan desain yang bersih dan minimalis.
Pada dunia desain grafis, warna charcoal cukup mudah diformulasikan. Dalam RGB, charcoal terdiri dari 21,2% merah, 27,1% hijau, dan 31% biru. Dalam CMYK, charcoal dapat ditemukan dengan mengombinasikan 32% cyan, 13% magenta, 0% kuning, dan 69% hitam.
Arang juga memiliki sudut rona 204 derajat, saturasi 18,8%, dan kecerahan 26,1%. Berikut ini adalah formula yang dapat dipakai untuk menemukan warna charcoal:
ADVERTISEMENT

Warna Charcoal Cocok dengan Warna Apa?

Ilustrasi interior charcoal. Foto: Unsplash
Warna charcoal dapat dikombinasikan dengan warna-warna lain yang memberi kesan simple dan minimalis.
Kombinasi warna ini dapat digunakan dalam desain interior rumah, wardrobe, grafis, dan lain-lain. Berikut adalah macam-macam warna yang serasi dengan charcoal:

1. Tan

Tan adalah warna yang mirip dengan coklat dan ivory. Tan juga disebut dengan warna coklat pucat. Seperti warna coklat lainnya, warna tan memberi kesan kehangatan dan keamanan.
Tan termasuk warna netral, dan karena pucatnya, warna ini dapat dipadukan sebagai pelengkap dari berbagai warna. Kode hex untuk tan adalah #D2B48C.

2. Cream

Warna gelap seperti charcoal juga bisa dipadukan dengan warna netral yang cerah seperti cream. Warna ini terinspirasi dari susu yang diproduksi secara alami oleh sapi.
ADVERTISEMENT
Untuk menghasilkan warna cream, putih dicampur dengan sedikit warna kuning. Kode hex untuk cream adalah #FFFDD0.

3. Gold

Seperti namanya, gold artinya emas. Warna ini menggambarkan kemewahan, kesuksesan, prestasi, dan kemenangan. Hal ini berkaitan erat dengan uang, royalti, dan kekayaan.
Jika dikombinasikan dengan charcoal, warna gold akan menghasilkan nuansa misterius dan mewah. Kode hex untuk emas adalah #FFD700.
(TAR)