Mengenal Bentang Alam di Benua Asia Lengkap dengan Kondisi Geografisnya

Berita Hari Ini
Menyajikan informasi terkini, terbaru, dan terupdate mulai dari politik, bisnis, selebriti, lifestyle, dan masih banyak lagi.
Konten dari Pengguna
9 Februari 2022 18:01 WIB
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Hari Ini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi peta benua Asia. Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi peta benua Asia. Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Luasnya yang mencapai 44,5 juta kilometer persegi menjadikan hampir sepertiga wilayah daratan di dunia merupakan kawasan benua Asia.
ADVERTISEMENT
Wilayahnya yang sangat luas membuat benua Asia memiliki bentang alam yang sangat bervariasi. Benua Asia terbagi atas sejumlah kawasan, yaitu Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Barat, dan Asia Tengah. Lantas, apa saja kenampakan alam yang membentang di sepanjang wilayah ini?
Merangkum dalam buku milik Nana Supriatna dkk yang berjudul IPS Terpadu: Geografi, Sejarah, Sosiologi, Ekonomi) Kelas IX (2012: 203), berikut uraiannya.

Letak Benua Asia

Ilustrasi benua Asia. Foto: Pixabay
Sebelum memahami apa saja bentang alamnya, sebaiknya ketahui dulu di mana letak benua Asia. Dikutip dari buku Pasti Ilmu Pengetahuan Sosial terbitan Tim Ganesha Operation (2017: 10), benua Asia terletak di antara 11°LS - 77° LU dan 26° BT - 170°.
Sebagian besar wilayahnya terletak di kawasan belahan bumi utara. Sementara sebagian kecilnya terdapat di sebelah selatan, antara lain Timor Leste dan Indonesia.
ADVERTISEMENT
Secara geologis, benua Asia menyatu dengan Benua Eropa yang sering disebut Eurasia. Sedangkan secara geografis, benua ini terletak di antara Benua Eropa dan Benua Australia juga di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktik. Lebih jelasnya, Asia dibatasi dengan daerah-daerah sebagai berikut:

Bentang Alam di Benua Asia

Ilustrasi bentang alam benua Asia. Foto: Pixabay
Bentang alam yang terdapat di benua Asia secara umum terbagi menjadi empat bagian, yaitu:
ADVERTISEMENT

1. Dataran Rendah Bagian Utara

Daerahnya mencakup sebagian besar wilayah Siberia, yang terdiri dari tiga lembah sungai besar, yaitu Sungai Ob, Sungai Yenisai, dan Sungai Lena yang bermuara ke Laut Es Utara.
Akibat pengaruh suhu udara yang sangat rendah dari daerah kutub, ketika musim dingin tiba, muara sungai dataran rendah bagian utara secara otomatis akan membeku.

2. Daerah Lipatan Pegunungan Muda

Wilayahnya terletak di bagian tengah Asia dan termasuk rangkaian pegunungan lipatan muda Mediterania. Daerah lipatan pegunungan muda membentuk dua simpul, yaitu simpul Armenia di barat daya Asia dan simpul Pamir di bagian selatan Asia.
Di simpul Armenia tersebar beberapa rangkaian pegunungan, seperti Pontic, Taurus, Elburz, dan Zagros. Sedangkan di simpul Pamir, terdapat pegunungan Hindustan, Kaukasus, Sulaiman, Himalaya, Karakoram, Kunlun, dan Tien Shan.
ADVERTISEMENT
Tak ketinggalan, di antara rangkaian pegunungan tersebut terdapat beberapa plato, ledok, dan gurun yang dipagari oleh pegunungan, yaitu:

3. Plato-Plato Tua

Ilustrasi bentang alam yang ada di benua Asia. Foto: Pixabay
Terletak di bagian selatan benua Asia, daerah ini terdiri atas batuan kristalin yang tua dan keras seperi granit. Daerahnya mencakup:
ADVERTISEMENT

4. Lembah dan Sungai Besar

Daerah ini didominasi oleh batuan dan tanah alluvial yang relatif subur. Adapun wilayahnya yang meliputi:

Karakteristik Benua Asia

Ilustrasi melihat benua Asia di peta. Foto: Dok. Kemenparekraf
Benua Asia memiliki karakteristik atau ciri khas yang membedakannya dengan benua-benua lain. Dikutip dari buku Super Complete SMP/MTs 7,8,9 oleh Elis Khoerunnisa, S.Pd. dkk., berikut beberapa karakteristik benua Asia:
ADVERTISEMENT
(VIO)