Persamaan Benua Afrika dan Benua Asia Berdasarkan Letak Astronomisnya

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
3 Maret 2023 19:20 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
https://pixabay.com/id/users/assy-1343180/ - berdasarkan letak astronomisnya benua afrika dan benua asia sama-sama
zoom-in-whitePerbesar
https://pixabay.com/id/users/assy-1343180/ - berdasarkan letak astronomisnya benua afrika dan benua asia sama-sama
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pada peta dunia, bisa kamu lihat bahwa berdasarkan letak astronomisnya benua Afrika dan benua Asia sama-sama dilalui garis Khatulistiwa. Selain itu, keduanya juga sama-sama terletak di wilayah tropis dan subtropis di belahan bumi utara. Apakah ada persamaan lainnya antara kedua benua tersebut?
ADVERTISEMENT

Berdasarkan Letak Astronomisnya Benua Afrika dan Benua Asia Sama-Sama Dilalui Garis Khatulistiwa

Dalam materi pelajaran geografi, mungkin kamu pernah mendapatkan pernyataan bahwa ternyata berdasarkan letak astronomisnya benua Afrika dan benua Asia sama-sama dilalui garis Khatulistiwa.
Inilah yang menjadikan iklim di kedua benua tersebut relatif sama. Bisa dibilang, garis Khatulistiwa memiliki pengaruh yang cukup signifikan terhadap wilayah Benua Asia dan Afrika, terutama dalam hal iklim, biodiversitas, budaya, dan ekonomi.
https://pixabay.com/id/users/pavellllllll-11915497/

Persamaan Antara Benua Afrika dan Benua Asia Berdasarkan Letak Astronomis

Mengutip dari buku paket IPS Terpadu (Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Sejarah), Nana Supriatna, Mamat Ruhimat, Kosim, Grafindo Media Pratama, berdasarkan letak astronomisnya benua Afrika dan benua Asia sama-sama dilalui garis Khatulistiwa.
ADVERTISEMENT
Selain itu masih ada beberapa persamaan lainnya, seperti:
ADVERTISEMENT
Bukan itu saja, garis Khatulistiwa yang membagi Benua Asia dan Afrika juga menyebabkan adanya pembagian dua wilayah utama pada masing-masing benua, yaitu belahan bumi utara dan selatan.
Secara umum, wilayah di sebelah utara Khatulistiwa cenderung lebih dingin dan kering, sementara wilayah yang berada di selatan Khatulistiwa cenderung lebih lembap dan beriklim tropis.
Itu tadi penjelasan mengenai berdasarkan letak astronomisnya benua Afrika dan benua Asia sama-sama dilalui garis Khatulistiwa. Semoga bisa membantu kamu lebih memahami materi pelajaran geografi. (DNR)