News
·
29 Juni 2021 12:30
·
waktu baca 2 menit

Waktu Terbaik Sholat Tahajud pada Sepertiga Malam Jam Berapa?

Konten ini diproduksi oleh Berita Hari Ini
Waktu Terbaik Sholat Tahajud pada Sepertiga Malam Jam Berapa? (795791)
searchPerbesar
Ilustrasi sholat tahajud di sepertiga malam. Foto: Pinterest
Sholat tahajud adalah ibadah sunnah yang dikerjakan di malam hari, yakni usai sholat Isya sampai terbitnya fajar. Sholat tahajud dilaksanakan setelah umat Muslim tidur terlebih dahulu meski hanya sebentar.
ADVERTISEMENT
Hal tersebut didasarkan pada riwayat Katsir bin Abbas dari sahabat al-Hajj bin Amr, ia berkata, “Di antara kalian menyangka ketika melakukan shalat di malam hari sampai subuh dia merasa telah tahajud. Tahajud adalah shalat yang dikerjakan setelah tidur, kemudian shalat setelah tidur. Itulah shalatnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam.
Adapun waktu terbaik untuk melaksanakan sholat tahajud adalah sepertiga malam yang pertama, kedua, dan terakhir. Rasulullah bersabda:
“Kapan saja kita ingin melihat Nabi SAW sholat malam, ketika itu pula kita pasti dapat melihatnya; dan kapan saja kita ingin melihat tidurnya Nabi SAW, di saat itu pula kita dapat melihatnya.” (HR. Ahmad AM, Bukhari, dan Nasai)
Lantas, jam berapa tepatnya sepertiga malam yang terbaik untuk melakukan sholat tahajud? Simak penjelasan berikut.
ADVERTISEMENT

Sepertiga Malam Jam Berapa?

Waktu Terbaik Sholat Tahajud pada Sepertiga Malam Jam Berapa? (795792)
searchPerbesar
Ilustrasi sholat tahajud di sepertiga malam. Foto: iStock
Dalam berbagai riwayat, disebutkan bahwa waktu utama menunaikan ibadah sholat tahajud adalah di waktu sepertiga malam. Namun, jam berapa tepatnya sepertiga malam tersebut?
1. Sepertiga Malam Pertama
Sholat tahajud dapat dilaksanakan pada waktu sepertiga malam pertama. Mengutip buku Risalah Tuntunan Sholat Lengkap oleh Drs. Moh. Rifai, waktu sholat tahajud yang pertama ini jatuh sesudah sholat Isya, yaitu sekitar pukul 19.00 sampai pukul 22.00.
Meskipun belum memasuki dini hari, umat Muslim tetap harus tidur terlebih dahulu sebelum melakukan sholat tahajud. Sebab jika dikerjakan tanpa tidur sebelumnya, ibadah tersebut bukan dianggap sebagai sholat tahajud, tetapi hanya sholat sunnah umumnya, seperti witir dan sebagainya.
2. Sepertiga Malam Kedua
Sepertiga malam kedua jatuh sekitar pukul 22.00 sampai pukul 01.00. Waktu ini lebih utama dibanding sepertiga malam pertama. Pasalnya, waktu ini dipercaya memiliki fadhilah dan keistimewaan tersendiri.
ADVERTISEMENT
Ibadah ini termasuk amalan yang cukup berat. Saat kebanyakan orang sedang terlelap dalam tidur, umat Muslim justru dianjurkan bangun demi mengerjakan sholat tahajud pada waktu utama yang lebih dianjurkan untuk mendapatkan keutamaannya.
Barang siapa bangun (sholat malam) dan membaca sepuluh ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang-orang yang lalai. Barang siapa bangun (sholat malam dengan membaca seratus ayat maka ia akan dicatat sebagai orang-orang yang tunduk. Dan, barang siapa yang bangun (sholat malam) dengan membaca seribu ayat maka dia akan dicatat sebagai muqanthirin (orang-orang yang mendapat pahala berlipat-lipat tak terhingga.” (HR. Abu Dawud)
3. Sepertiga Malam Terakhir
Sepertiga malam ketiga atau yang terakhir dimulai sekitar pukul 01.00 sampai masuknya waktu subuh. Di antara tiga waktu terbaik untuk sholat tahajud, rentang waktu inilah saat yang paling utama.
ADVERTISEMENT
Bukan tanpa alasan, sepertiga malam terakhir adalah sebaik-baiknya waktu beribadah. Di waktu inilah yang dipercaya menjadi waktu mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Sebab, di waktu tersebut, Allah turun ke langit dunia. Rasulullah SAW bersabda:
Setiap malam Allah Swt. turun ke langit dunia sampai tersisa sepertiga malam yang terakhir. Ia (Allah) pun berkata,” Adakah hamba-Ku yang meminta sehingga pasti Aku berikan apa yang dia minta? Adakah hamba-Ku yang berdoa hingga pasti Aku kabulkan doanya? Adakah hamba-Ku yang ber-istighfar sehingga Aku ampuni dosanya?” (HR. Bukhari dan Muslim)
(ADS)