kumparan
29 September 2019 9:29

11 Quotes Greta Thunberg yang Terkenal dan Paling Menohok

Greta Thunberg (Foto: Instagram @gretathunberg)
Siapa yang tak kenal Greta Thunberg saat ini? Aktivis lingkungan berusia 16 tahun ini dikenal dunia berkat kampanyenya melawan perubahan iklim. Sejak tahun lalu, ia memulai gerakan bernama #FridaysForFuture atau Gerakan Mogok Sekolah untuk Iklim. Gerakan tersebut mengajak siswa di seluruh dunia untuk mengambil cuti sekolah agar bisa ikut dalam demonstrasi menuntut adanya tindakan pencegahan pemanasan global.
ADVERTISEMENT
Kampanye tersebut menuai hasil baik. Ribuan siswa dari berbagai belahan dunia ikut turun ke jalan. Mereka terinspirasi darinya untuk menyuarakan suaranya atas keresahan terjadinya pemanasan global.
Keberhasilan Greta tak lepas dari kegigihannya dalam bersuara. Kalimat tegas nan menohok yang ia lontarkan, juga fakta dan data yang tak ia abaikan membuat ia sukses berbicara di depan para pemuka negara, baik dalam acara PBB maupun bukan.
Salah satu qoutesnya yang paling menohok dan sudah banyak dikenal orang berbunyi, "Kalian telah mencuri mimpi dan masa kecil saya dengan kata-kata kosong kalian."
Greta Thunberg (Foto: Instagram @gretathunberg)
Selain kalimat itu, ada lagi quotes dari Greta Thunberg yang cukup terkenal--yang ia ucapkan dalam berbagai kesempatan, baik secara langsung di forum maupun unggahan di media sosialnya. Berikut rangkumannya dari kami.
ADVERTISEMENT
1. "The eyes of all future generations are upon you. And if you choose to fail us, I say - we will never forgive you."
"Mata semua generasi masa depan tertuju pada kalian. Dan jika kalian mengecewakan kami, saya katakan bahwa kami tidak akan pernah memaafkan kalian" - UN Climate Summit, New York, 23 September 2019.
2. "We showed that we are united and that we, young people, are unstoppable."
"Kami telah menunjukkan jika kami bersatu dan kami, anak muda, tidak dapat dihentikan" - UN Youth Climate Summit, New York City, 21 September 2019.
Siswa di Afghanistan turun ke jalan dalam kampanye Fridays For Future. (Foto: Instagram @gretathunberg)
3. "We are striking because we have done our homework, and they have not."
"Kami berhenti sekolah karena kami sudah menyelesaikan tugas kami, sedangkan mereka belum melakukannya" - Protes iklim di Hamburg, Jerman, 1 Maret 2019.
ADVERTISEMENT
4. "Since our leaders are behaving like children, we will have to take the responsibility they should have taken long ago."
"Karena para pemimpin kami bertingkah seperti anak-anak, kita harus mengambil tanggung jawab yang seharusnya mereka ambil sejak lama" - COP24, Polandia, 4 Desember 2018.
5. "I want you to act as if the house is on fire, because it is."
"Aku ingin kamu bertingkah seolah-olah jika rumah itu terbakar, karena itu memang benar" - Forum Ekonomi Dunia, Davos, 24 Januari 2019.
6. "Why should I be studying for a future that soon may be no more, when no one is doing anything to save that future?"
"Kenapa aku harus belajar untuk masa depan yang mungkin tidak ada lagi, ketika tidak ada satu orang pun yang bergerak untuk menyelamatkan masa depan?" - UN Climate Chage Conference, Polandia, 4 Desember 2018.
Greta Thunberg (Foto: Instagram @gretathunberg)
7. "The moment we decide to fulfil something, we can do anything."
ADVERTISEMENT
"Ketika kita memutuskan untuk menyelesaikan sesuatu, kita bisa melakukan apa saja" - Gedung Parlemen Inggris, 23 April 2019.
8. "When haters go after your looks and differences, it means they have nowhere left to go. And then you know you're winning!"
"Ketika haters mulai mengincar penampilan dan perbedaanmu, itu berarti mereka tidak punya bahan lain untuk melawanmu. Saat itulah kamu tahu kamu menang!" - Instagram pribadinya @gretathunberg, 31 Agustus 2019.
9. "You must unite behind the science. You must take action. You must do the impossible. Because giving up can never ever be an option."
"Kalian harus mempercayai sains. Kalian harus bertindak. Kalian harus melakukan hal yang mustahil. Sebab, menyerah tidak akan pernah bisa menjadi pilihan" - Kongres AS, Washington DC, 17 Desember 2019.
ADVERTISEMENT
10. "We deserve a safe future. And we demand a safe future. Is that really too much to ask?"
"Kami berhak punya masa depan yang aman. Dan kami menuntut masa depan yang aman. Apa kami terlalu banyak meminta?" - Global Climate Strike, New York, 20 September 2019.
11. "Change is coming, whether you like it or not."
"Perubahan akan datang, terlepas dari kalian suka atau tidak" - Instagram pribadi Greta Thunberg, 21 September 2019.
(NS)
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan