kumparan
22 November 2018 13:36

Berkenalan dengan Andaman, Suku Paling Terisolir di Dunia yang Memanah Turis Hingga Tewas

Pulau Sentinel Utara yang berada di Kepulauan Andaman. (Foto:Youtube) Jika membicarakan pulau yang paling terisolir di dunia, maka itu adalah Andaman. Terletak di India, Kepulauan Andaman hampir seluruhnya adalah hutan lebat. Meski demikian terdapat suku yang menghuninya.
ADVERTISEMENT
Suku yang mendiami Andaman dikabarkan terancam punah. Mereka hidup terisolasi. Namun, siapa sangka ternyata mereka adalah salah satu suku terganas di dunia? Suku tersebut mendiami pulau Sentinel Utara.
Melansir Kompas.com, seorang turis Alabama, Amerika Serikat mencoba menjangkau pulau tersebut. Naas, pria yang diketahui bernama John Allen Chau (27) ditemukan tewas. Chau diduga diserang oleh suku pedalaman yang mendiami pulau tersebut dengan anak panah.
John Allen Chau foto dengan salah satu nelayan. (Foto: Instagram/ @johnachau) Menurut peraturan di wilayah tersebut, tindakan yang dilakukan oleh Chau tersebut sebenarnya ilegal. Hal tersebut bertujuan agar eksistensi kehidupan asli mereka tetap terlindungi. Selain itu, juga agar mereka tidak mudah terserang penyakit. Baca Juga: Misionaris AS Dibunuh Suku Paling Terisolasi di Dunia Banjir Bandang di Yordania, 11 Orang Tewas Dan 3.700 Turis Dievakuasi Menyusuri Jejak Suku Tutari Sentani Kepolisian setempat telah menangkap tujuh nelayan yang turut membawa Chau ke pulau Andaman. Mereka dianggap melanggar aturan, meskipun mereka hanya sampai sebelum benar-benar sampai. Salanjutnya, Chau berlayar sendiri menggunakan sampan.
(Foto: Youtube) Tidak Hanya itu, suku terasing tersebut juga pernah melakukan penembakan terhadap helikopter dengan panah. Tahun 2004 beberapa bagian dari kepulauan itu dilanda tsunami. Pasca kejadian itu, pasukan angkatan laut diterbangkan menuju pulau tersebut. Mereka ditugaskan untuk memastikan keselamatan suku yang mendiami pulau terisolir tersebut. Namun, saat helikopter mulai mendarat, mereka mulai menghujani anak panah.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini penduduk yang mendiami pulau Sentinel Utara diperkiran hanya 50-150 orang. Meski suku tersebut sangat ganas, namun sebenarnya masih ada suku lain yang menghuni kepulauan Andaman. Suku Jawara adalah suku yang dianggap mampu bersahabat dengan dunia luar. Jumlahnya sekitar 400 orang.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan