Pencarian populer
USER STORY

Darah Emas, Golongan Darah yang Hanya Dimiliki 43 Orang di Dunia

Ilustrasi. (Foto: Pixabay)

Ada berapa golongan darah yang kamu ketahui? Umumnya 8 bukan? Golongan darah A, B, AB, dan O dengan masing-masing resus positif atau negatifnya.

Tapi, berbeda dengan para ilmuwan. Ada 35 jenis golongan darah dengan berbagai variasi sistem yang mereka ketahui. Jenis golongan darah selain ABO itu dianggap langka, karena tidak dimiliki oleh semua manusia.

Salah satunya adalah darah emas. Bukan, bukan, ini bukan sebatas kiasan seperti darah biru yang merupakan keturunan bangsawan. Golongan darah ini diberikan secara harfiah oleh para ilmuwan karena jenis darahnya yang paling langka dan sangat unik.

Saking langkanya, hanya 43 orang di dunia yang punya golongan darah jenis ini. Sedikit sekali bukan?

Melansir dari Big Think, darah emas menjadi sangat istimewa lantaran resus (Rh) dalam darah ini berbeda dengan golongan darah A, B, AB, dan O. Itu membuat darah emas ini disebut sebagai Rh-null.

Penggolongan itu disimpulkan dari hasil penelitian yang dilakukan Universitas Toronto jika setiap golongan darah punya antigen tersendiri dalam tubuhnya. Antigen yang paling sering ditemui membentuk kelompok golongan darah A, B, AB, dan O seperti yang kita ketahui.

Berbeda dengan Rh-null, antigen yang dimilikinya sangat berbeda dan tak bisa digolongkan ke dalam golongan darah umumnya sehingga kemudian darah ini dinamakan darah emas.

Karena keunikannya tersebut, darah emas ini bisa mendonorkan darahnya kepada semua jenis golongan darah lainnya. Tapi kelemahannya, darah emas hanya bisa menerima donor darah dari golongan darah yang sama. (NS)

Baca lebih banyak berita mengenai berita heboh/berita artis/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.57