kumparan
KONTEN PENGGUNA
15 Juni 2019 15:58

Kanker Mulai Menyerang Tulang, Sutopo Pamit Berobat ke Guangzhou

sutopo.jpg
Sutopo Purwo Nugroho. (Foto: Arfiansyah Panji/kumparan)
Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, pamit ke Guangzhou China, untuk berobat. Melalui unggahan Instagram pribadinya, pria yang usianya 49 tahun itu, mengabarkan dirinya mengidap penyakit kanker paru-paru. Bahkan penyakit yang dideritanya itu telah menyebar ke berbagai tulang dan anggota tubuh lainnya.
ADVERTISEMENT
Sutopo Purwo Nugroho atau yang akrab disapa Sutopo, mengungkapkan kondisi itu sangat menyakitkan. Oleh karenanya, pria yang dianugerahi Asian of The Year 2018 itu meminta doa dan restu warganet dan seluruh masyarakat Indonesia untuk menjalani pengobatan.
"Hari ini saya ke Guangzhou untuk berobat dari kanker paru yang telah menyebar di banyak tulang dan organ tubuh lain. Kondisinya sangat menyakitkan sekali," ungkap Sutopo, seperti dikutip dari Instagram pribadinya.
Dari video yang disertakan dalam unggahan tersebut, terlihat suasana yang menunjukkan dirinya tengah berada di bandara. Sutopo mengungkapkan dalam video itu jika dirinya akan terbang ke Guangzhou dari bandara Soekarno-Hatta.
sutopo1.jpg
Kapusdatinmas BNPB, Sutopo P. Nugroho, saat gelar konferensi pers di Graha BNPB, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Senin (18/3). (Foto: Andesta Herli Wijaya/kumparan)
Tidak hanya memohon doa dan restu, Sutopo Purwo Nugroho, juga menyampaikan permintaan maaf atas kesalahannya.
ADVERTISEMENT
"Saya mohon doa restu kepada kepada semua netizen dan lainnya. Jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Sekaligus saya dimaafkan atas kesalahan dan dosa," lanjutnya.
Rencananya, Sutopo akan akan menjalani pengobatan dan perawatan di Guangzhou selama satu bulan. Oleh karenanya, pria kelahiran 7 Oktober 1969 itu juga meminta maaf jika tidak dapat menyampaikan informasi terkait bencana dengan cepat.
"Saya di Guangzhou selama 1 bulan. Maaf jika tidak bisa menyampaikan info bencana dengan cepat. Mohon maaf ya," pungkas Sutopo.
Unggahan itu pun mengundang banyak komentar warganet. Banyak dari mereka menuliskan doa untuk kesembuhan Sutopo dari penyakit yang dideritanya. Bahkan, Anita Ratnasari Tanjung, istri pengusaha Chairul Tanjung, juga turut memberikan doanya.
"Pak Sutopo, semoga cepat sembuh ya. Nanti kita discuss lagi di CTARSA Foundation. Semangatttttttt! May God bless you always, Aamiin," tulis Anita Ratnasari Tanjung.
ADVERTISEMENT
"Pak Sutopo tetap semangat dan penuh dengan harapan ya. GBU," lanjut @anikristanti.
"Semoga Allah memberi kemudahan dan mengangkat penyakit Bapak. Aamiin Yaa Allah. selalu semangaat ya, Pak," tambah @ifa3k_hidi.
Diketahui, bahwa Sutopo Purwo Nugroho divonis menderita kanker paru-paru stadium IVB pada pertengahan Januari 2018. Meski tengah sakit, namun tak lantas membuatnya berhenti menjalankan aktivitas dan tugasnya sebagai Kepala Pusat Data dan Humas BNPB. Ia masih tetap semangat bekerja, mengajar, dan melakukan aktivitas lainnya.
Semoga lekas sembuh, Pak Sutopo!
(zhd)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan