News
·
27 Mei 2019 15:30

Sosok Syamsuri Firdaus, Pemuda Bima Juara MTQ Internasional di Turki

Konten ini diproduksi oleh Berita Heboh
Sosok Syamsuri Firdaus, Pemuda Bima Juara MTQ Internasional di Turki (163038)
searchPerbesar
Syamsuri Firdaus, mahasiswa Universitas Indonesia yang menjuarai MTQ tingkat Internasional di Istanbul Turki. (Foto: Instagram/@syamsurifir)
Syamsuri Firdaus, pemuda asal Rada, Sila Bima, Nusa Tenggara Barat baru saja menjuarai Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ tingkat Internasional. Sontak namanya menjadi perbincangan publik. Sebab, tidak hanya sekadar menjadi yang terbaik, atas prestasi luar biasa itu ia juga mendapat penghargaan langsung dari presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.
ADVERTISEMENT
Berikut ini sosok Syamsuru Firdaus, pemuda asal Bima yang juara MTQ Internasional di Turki.
1. Kalahkan Peserta dari 68 Negara
Sosok Syamsuri Firdaus, Pemuda Bima Juara MTQ Internasional di Turki (163039)
searchPerbesar
Penghargaan yang diterima Syamsuri Firdaus atas prestasinya menjadi yang terbaik MTQ Internasional di Turki. (Kolase foto: Facebook/Syamsuri Firdaus)
Syamsuri Firdaus mengikuti MTQ Internasional ke-7 yang digelar 9 hari di Instanbul, Turki. Mahasiswa Sastra Arab Universitas Indonesia itu berhasil menjadi yang terbaik di antara 68 negara yang turut mengirimkan peserta terbaik. Kabar bahagia itu juga dibagikannya melalui Facebook dan Instagram pribadinya pada Minggu (26/5) lalu.
2. Fotonya Diunggah oleh Presiden Turki, Recep Tayip Erdogan
Atas prestasi membanggakan itu, banyak orang yang memberikan apresiasi dan ucapan selamat kepada Syamsuri Firdaus. Banyak pujian dari berbagai pihak dilayangkan untuk untuknya. Termasuk Darwin Hasibuhan, mantan juara MTQ di Iran asal Medan. MelaluiInstagramnya, Darwin menuliskan ucapan selamat dan doa kepada Firdaus.
ADVERTISEMENT
Namun, yang lebih mengharukan adalah penghargaan untuk Syamsuri Firdaus yang diberikan langsung oleh presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Melaui Instagramnya, Erdogan mengunggah foto bersama Firdaus. Hal ini membuat Firdaus juga orang tuanya merasa bangga.
3. Belajar Mengaji Sejak Usia 5 Tahun
Sosok Syamsuri Firdaus, Pemuda Bima Juara MTQ Internasional di Turki (163040)
searchPerbesar
Syamsuri Firdaus saat mengisi tilawah di acara keagamaan. (Foto: Facebook/Syamsuri Firdaus)
Ayah Syamsuri Firdaus, Abdullah Ahmad mengaku bangga dan terharu lantaran teringat perjuangan putranya itu belajar mengaji semasa kecil. Melansir dari kumparan, Abdullah Ahmad menjelaskan Syamsuri Firdaus sudah belajar mengaji sejak berumur 5 tahun.
Sementara melalui akun Facebook-nya, Abdullah menceritakan bahwa semasa kecil Firdaus belajar mengaji di TPQ. Setiap hari putranya harus melewati pematang sawah.
"Terkadang pulang dari TPQ baju sudah kotor karena jatuh, terkadang sampai di tempat ngaji bajunya sudah basah karena kehujanan, Semua duka sudah pernah dialami," tulis sang ayah seperti dikutip dari akun Facebooknya, Senin (27/5).
ADVERTISEMENT
Sang ayah juga menceritakan bahwa sang anak pernah pergi ke TPQ dengan naik sepeda. Namun, baru tiga hari dipakai, sepeda tersebut sudah rusak. Sepeda tersebut merupakan milik sang paman dan sudah setahun tidak digunakan.
4. Terbiasa Mengisi Acara Keagamaan
Sosok Syamsuri Firdaus, Pemuda Bima Juara MTQ Internasional di Turki (163041)
searchPerbesar
Salah satu poster acara keagamaan yang turut mengundang Syamsuri Firdaus. (Foto: Facebook/Syamsuri Firdaus)
Meski usianya yang masih terbilang sangat muda, Syamsuri Firdaus rupanya sudah sering mengisi acar-acara keagamaan. Tidak hanya tilawah, namun mahasiswa yang aktif di lembaga dakwah Fakultas Ilmu Budaya, Informasi itu juga sering menjadi pengisi kajian. Bahkan, pada usianya yang masih 19 tahun itu sudah menjadi ustaz.
Hal tersebut terlihat dari beberapa unggahannya di media sosial. Salah satunya adalah unggahan yang memperlihatkan ketika dirinya mengisi kultum di salah satu masjid di Depok. Selain itu, banyak poster acara keagamaan yang turut mengundangnya, menuliskan nama pemuda luar biasa tersebut dengan 'Ustaz Syamsuri Firdaus'.
ADVERTISEMENT
5. Diundang Imam Besar Masjid Sultan Ahmed Istanbul
Tidak hanya di Indonesia, Syamsuri Firdaus rupanya juga pernah diundang oleh Imam Besar Masjid Sultan Ahmed di Istanbul. Ia mengaku diundang untuk mengaji di depan para jemaah setelah salat asar pada Sabtu (25/5) lalu. Hal tersebut membuat pemuda asal Bima itu merasa bersyukur dan sangat terhormat.
"Alhamdulillah... Penghormatan besar diundang langsung oleh imam besar masjid Sultan Ahmed di Istanbul untuk ngaji di depan para jamaah setelah sholat Ashar kemaren. Bibarokatil Quran wa bikaromatihi," tulisnya di akun Facebook miliknya, Minggu (26/5).
(zhd)
Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.
Download aplikasi Android di sini.
Download aplikasi iOS di sini.
ADVERTISEMENT