Pencarian populer
USER STORY

Super Tebal, Skripsi 1.150 Halaman Ini Rampung dalam 1,5 Bulan

Lisa Stefanny, alumnus Universitas Surabaya (Ubaya) yang sempat garap skripsi hingga 1.150 lembar. (Foto: Kolase Instagram @lisastefanny)

Salah satu tahap seorang mahasiswa untuk meraih gelar sarjana adalah menyusun skripsi dan mempertanggungjawabkannya. Bahkan beberapa mahasiswa menganggap hal itu sebagai momok. Sebagian dari mereka harus berbulan-bulan bahkan ada juga yang bertahun-tahun demi menggarap salah satu syarat kelulusan itu.

Namun, hal itu tidak berlaku untuk setiap mahasiswa. Beberapa di antaranya beranggapan hal itu adalah sebuah tantangan tersendiri. Ada juga yang justru menganggapnya sebagai salah satu penyaluran hobi. Hal ini tentu sangat berbeda dengan kebanyakan mahasiswa pada umumnya.

Seperti yang dilakukan oleh Lisa Stefanny ketika menggarap skripsinya demi mendapatkan gelar sarjana di Universitas Surabaya (Ubaya). Tidak tanggung-tanggung, alumnus Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) itu menyelesaikan skripsi setebal 1.150 lembar. Sontak hal itu menjadi viral di media sosial.

Skripsi super tebal itu viral setelah sebelumnya diunggah akun Instagram @dailyubaya, Selasa (9/4) lalu. Dalam unggahan itu dituliskan bahwa tugas akhir itu hingga kini menjadi skripsi terkeren lantaran sangat tebal.

Skripsi yang digarap oleh Lisa Stefanny untuk memenuhi tugas akhir di Universitas Surabaya (Foto: Instagram @lisastefanny)

"Skripsi paling GG se-Ubaya

Skripsi yang disusun oleh @lisastefanny_ dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika ini tebalnya lebih dari 1150 halaman guys, wiihhh ini saking semangatnya si penyusun atau emang dia ga ada kerjaan selain ngerjain skripsi ya?" tulis akun tersebut.

Unggahan itu kemudian kembali diunggah oleh sang pemilik, Lisa Stefanny, Rabu (10/4) lalu. Ia mengaku mengunggahnya lantaran belum pernah sebelumnya memperlihatkan hasil skripsinya di media sosial.

"Karna belum pernah post hasil skripsi di feeds makanya mumpung di-post orang ku repost balik hahaa," tulis Lisa Stefanny.

Alumnus FBE Ubaya itu kemudian menceritakan proses mengerjakan skripsi super tebal itu. Lisa Stefanny mengaku bahwa hanya butuh waktu sekitar 1,5 bulan untuk menyelesaikannya. Hal itu tentu waktu yang cukup singkat untuk mengerjakan tugas akhir 1.150 halaman. Terlebih, saat itu Lisa Stefanny sempat ganti jurnal.

"Percayalah ini kerjanya cuma 1.5 bulan. April awal jurnal sempet ditolak. Jadi, aku udah kerja (mengerjakan skripsi) sebelumnya sebenarnya, tapi karna ganti jurnal April awal, ngulang jurnal baru tanggal 10-an terus kebut wawancara 5 informan," ungkapnya.

Tidak hanya ganti jurnal, saat itu Lisa Stefanny mengaku bahwa dirinya juga tengah disibukkan dengan lomba yang diikutinya.

"Dalam 3 hari posisi udah ada pengumumn lomba masuk 10 besar dan said yes berangkat final. Lomba gabisa main-main sih jadi udah mulai siap-siap lomba dari tgl 15an sampai week 3. Week 4 akhir tgl 24 April kalau ga salah berangkat Bandung sampe 29 april, 30 baru balik Surabaya. Posisi lomba, skripsi nganggur," ungkap Lisa Stefanny.

Akhirnya, Lisa Stefanny mulai lagi mengerjakan skripsi yang sempat terbengkalai pada 1 Mei. Perempuan itu mengungkapkan dirinya berhasil menyelesaikan dan mengumpulkannya pada 6 Juni 2018.

"Tepat 1 mei baru mulai kerja dari bab 1. 6 juni udh kumpul. Puji Tuhan, kelar," pungkasnya.

Loading Instagram...

Unggahan tersebut sontak dibanjiri komentar warganet. Banyak dari mereka yang merasa kagum. Seperti yang dituliskan oleh pemilik akun Instagram @windycece.

"Wah gila si ini, ce. Mantul bener," tulisnya.

"Wah gilakkk... Bisa lah bagi-bagi tips biar semangat skripsian," tambah @tasyy_krn.

Sementara itu, beberapa warganet juga merasa penasaran dengan judul skripsi itu.

"Kak, jadi kepo. Judul skripsinya apa sih wkwk..," tanya @kalinazeee.

Diketahui dari foto skripsi yang viral di Instagram itu, Lisa Stefanny sebelumnya mengambil jurusan Manajemen peminatan Manajemen Pemasaran. Sementara dari kolom komentar, Lisa Stefanny menuliskan bahwa skripsi super tebal 1.150 halaman yang dikerjakannya untuk memenuhi tugas akhir itu berjudul 'Studi Eksploratori Artist Brand Building Makeup Artist, Fahion Designer dan Photographer di Surabaya'.

(zhd)

Baca lebih banyak informasi mengenai berita artis/berita heboh/info bola/dan lifehack lebih nyaman di aplikasi kumparan.

Download aplikasi Android di sini.

Download aplikasi iOS di sini.

Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Bagikan ide, informasi, momen dan cerita kamu melalui
kumparan
Dengan ini kamu menyetujui syarat
& layanan dari kumparan
Kamis,23/05/2019
Imsak04:26
Subuh04:36
Magrib17:47
Isya19:00
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan & Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.22