2 Tingkatan dalam Penegak Pramuka dan Kegiatan yang Diikuti

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 November 2023 22:59 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Sebutkan Tingkatan dalam Penegak.  Sumber Unsplash/Mufid Majnun
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Sebutkan Tingkatan dalam Penegak. Sumber Unsplash/Mufid Majnun
ADVERTISEMENT
Keanggotaan Pramuka dibagi dalam beberapa tingkatan. Salah satu tingkatannya bernama Penegak. Sebutkan tingkatan dalam Penegak!
ADVERTISEMENT
Penegak adalah golongan Pramuka setelah Penggalang. Anggotanya memiliki rentang usia antara 16 sampai 21 tahun.

Sebutkan Tingkatan dalam Penegak Pramuka! Ini Jawaban yang Benar

Ilustrasi Sebutkan Tingkatan dalam Penegak. Sumber Unsplash/Septian Akbar
Penegak biasanya merupakan anggota Pramuka yang telah menginjak bangku kelas 10 SMA hingga perguruan tinggi. Diambil dari buku Tingkatan Penegak: Seri Ensiklopedi Tingkatan Pramuka, Toto Sugiarto (2021:1), berikut adalah jawaban benar untuk soal sebutkan tingkatan dalam Penegak Pramuka.
ADVERTISEMENT
Satuan terkecil Pramuka Penegak biasa disebut Sangga, yang dapat diisi dengan 6 sampai 10 orang Penegak sebagai anggota. Dalam satu Sangga dipimpin salah seorang Penegak yang disebut Pimpinan Sangga (PINSA). Dalam beberapa Sangga, terbentuklah yang disebut Ambalan.
Ambalan akan dipimpin oleh seorang Pradana. Di dalam Ambalan terdapat struktur organisasi yang lengkap, misalnya Krani, Juru Uang, Juru Adat, dan Anggota. Setiap Ambalan mempunyai nama yang bermacam-macam, contohnya nama pahlawan, tokoh pewayangan, dan lainnya.

Kegiatan-Kegiatan Pramuka Penegak

Ilustrasi Sebutkan Tingkatan dalam Penegak. Sumber Unsplash/Tommy Lisbin
Sama seperti halnya tingkatan lain, Pramuk penegak juga memiliki banyak kegiatan atau aktivitas. Kegiatan-kegiatan yang dapat diikuti oleh Pramuka Penegak adalah sebagai berikut:

1. Gladian Pimpinan Sangga

Gladian Pimpinan Satuan atau dikenal dengan DIANPINSA, adalah sebuah kegiatan untuk melatih jiwa diri Pimpinan Sangga (Pinsa) dan Wakil Pimpinan Sangga (Wapinsa).
ADVERTISEMENT

2. Pelantikan Penegak Bantara dan Laksana

Kegiatan Pramuka Penegak, yaitu pelantikan kenaikan tingkat untuk Penegak Bantara dan Penegak Laksana kepada anggota yang sudah menyelesaikan syarat kecakapan umum (SKU).

3. Perkemahan Bhakti

Perkemahan Bhakti (Perti), adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega berbentuk perkemahan besar, dalam rangka mengaplikasikan pengetahuan dan pengalamannya selama mengadakan pembinaan.
Sebutkan tingkatan dalam Penegak Pramuka! Tingkatan dalam Pramuka Penegak adalah Bantara dan Laksana. Penegak Laksana merupakan tingkat tertinggi dalam golongan Penegak.(DK)