Keutamaan Menikah di Bulan Syawal menurut Hadis

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
13 April 2024 18:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Keutamaan menikah di bulan Syawal. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya, Sumber: Pexels/cottonbro studio
zoom-in-whitePerbesar
Keutamaan menikah di bulan Syawal. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya, Sumber: Pexels/cottonbro studio
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Menikah merupakan langkah besar dalam kehidupan seseorang, yang tidak hanya membentuk ikatan antara dua individu, tetapi juga membawa berkah serta keberkahan dalam rumah tangga. Bagi yang ingin menikah, ada beberapa keutamaan menikah di bulan Syawal.
ADVERTISEMENT
Bulan syawal dipenuhi dengan berkah dan rahmat Allah Swt. Jika dilakukan di bulan Syawal dengan niat yang tulus dan mengikuti ajaran Rasulullah saw, akan mendatangkan berbagai keutamaan.

Keutamaan Menikah di Bulan Syawal

Keutamaan menikah di bulan Syawal. Foto hanya ilustrasi, bukan yang sebenarnya, Sumber: Pexels/Hồng Xuân Viên
Keputusan untuk menikah di bulan Syawal atau bulan lainnya adalah hak pribadi pasangan yang harus dipertimbangkan dengan matang. Namu,n ada beberapa keutamaan menikah di bulan Syawal yang perlu diketahui, seperti dikutip dari situs kemenag.go.id.

1. Mengikuti Sunah Rasulullah

Rasulullah saw menikahi dua istrinya, yaitu Aisyah RA dan Ummu Salamah RA, pada bulan Syawal. Hal ini diriwayatkan dalam hadis: "Dari Aisyah RA, beliau berkata, 'Rasulullah saw menikahiku pada bulan Syawal dan menggaulinya pada bulan Syawal. Siapakah di antara istri-istri beliau yang lebih mendapat perhatiannya selain aku?'" (HR. Muslim)
ADVERTISEMENT
Rasulullah saw adalah contoh teladan bagi umat Islam dalam segala hal, termasuk dalam pernikahan.
Dengan menikah di bulan Syawal, mengikuti jejak beliau, diharapkan mendapatkan keberkahan dalam rumah tangga.

2. Mendapatkan Pahala Ganda

Menikah di bulan Syawal diyakini dapat memberikan pahala ganda kepada pasangan yang menikah. Selain mendapatkan pahala dari ibadah menikah itu sendiri, juga memperoleh pahala tambahan karena mengikuti sunah Rasulullah saw.
Dalam Islam, mengikuti sunah adalah suatu bentuk penghormatan kepada nabi dan juga merupakan sumber pahala yang besar.

3. Meningkatkan Keimanan dan Ketaqwaan

Menikah bukan hanya sekadar memenuhi kebutuhan jasmani, tetapi juga rohani. Dengan memasuki bahtera rumah tangga, seseorang diharapkan untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt.
Menikah di bulan Syawal, yang merupakan bulan penuh berkah, diharapkan dapat menjadi awal yang baik dalam memperkokoh keimanan dan ketaqwaan pasangan suami istri.
ADVERTISEMENT
Dengan saling mendukung dalam ibadah dan menjalankan peran masing-masing sesuai dengan ajaran Islam, hubungan suami istri dapat menjadi lebih harmonis dan berkah.
Itulah beberapa keutamaan menikah di bulan Syawal menurut hadis. Selain mengikuti sunah beliau, menikah di bulan ini juga dapat mendatangkan pahala ganda dan meningkatkan keimanan serta ketaqwaan pasangan. (RIZ)