Konsep Diferensiasi Sosial: Pengertian dan Contohnya Lengkap

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
12 Juni 2023 19:22 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi konsep diferensiasi - Sumber: https://pixabay.com/id/users/geralt-9301/
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi konsep diferensiasi - Sumber: https://pixabay.com/id/users/geralt-9301/
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Dalam masyarakat yang kompleks dan beragam, konsep diferensiasi sosial menjadi hal yang penting. Diferensiasi sosial mengacu pada pembagian dan klasifikasi individu berdasarkan faktor-faktor seperti status sosial, pendidikan, pekerjaan, ras, gender, dan banyak lagi.
ADVERTISEMENT
Fenomena ini memengaruhi interaksi sosial, kesempatan, dan akses terhadap sumber daya yang berbeda. Meliputi di antara berbagai kelompok yang ada di dalam masyarakat.

Pengertian Konsep Diferensiasi Sosial

Ilustrasi konsep diferensiasi - Sumber: https://pixabay.com/id/users/geralt-9301/
Berdasarkan buku Sosiologi untuk Kelas XI SMA, Mir’atul Farikhah, Sucik Isnawati, Penerbit Pustaka Rumah C1nta, pengertian diferensiasi sosial berasal dari bahasa Inggris yaitu difference yang berarti perbedaan, dan sosial yang diartikan sebagai hubungan dalam masyarakat.
Konsep diferensiasi sosial bisa diartikan sebagai pembagian dan klasifikasi individu dalam masyarakat berdasarkan perbedaan-perbedaan tertentu. Meliputi status sosial, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, etnisitas, agama, gender, dan faktor-faktor lain.
Dalam masyarakat yang diferensiasi sosialnya tinggi, individu-individu dikelompokkan berdasarkan atribut-atribut tersebut. Inilah yang nantinya akan berpengaruh pada interaksi sosial, kesempatan, dan akses terhadap sumber daya.
ADVERTISEMENT
Diferensiasi sosial dapat terjadi secara alami atau diciptakan oleh struktur sosial dan kebijakan yang ada dalam suatu masyarakat. Dalam beberapa kasus, diferensiasi sosial dapat menciptakan kesenjangan dan ketimpangan antara kelompok yang berbeda.
Hal ini dapat mengakibatkan munculnya perlakuan yang tidak adil. Termasuk diskriminasi dan marginalisasi terhadap kelompok-kelompok yang memiliki atribut yang berbeda.

Contoh Konsep Diferensiasi Sosial

Ilustrasi Konsep Diferensiasi, Foto Unsplash Priscilla Du Preez
Berikut adalah beberapa contoh konsep diferensiasi sosial yang umum terjadi dalam masyarakat:
ADVERTISEMENT
Pemahaman yang mendalam tentang konsep diferensiasi sosial memungkinkan manusia untuk menganalisis dan mengatasi ketidakadilan. Selain itu juga adanya kesenjangan yang mungkin terjadi dalam masyarakat. (DNR)