Mengenal IPSI, Induk Organisasi Pencak Silat Indonesia

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
15 Mei 2024 19:34 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi induk organisasi pencak silat indonesia - Sumber: pixabay.com/agustriyanto
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi induk organisasi pencak silat indonesia - Sumber: pixabay.com/agustriyanto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) adalah induk organisasi pencak silat Indonesia. IPSI memiliki peran penting dalam mengembangkan, mempromosikan, dan melestarikan seni bela diri tradisional Indonesia tersebut.
ADVERTISEMENT
Induk organisasi berperan dalam menetapkan standar dan aturan yang uniform untuk seluruh cabang pencak silat. Meliputi aturan pertandingan, teknik yang sah, kategori kelas, dan standar penilaian.

Sejarah dan Perkembangan Induk Organisasi Pencak Silat Indonesia

Ilustrasi induk organisasi pencak silat indonesia - Sumber: pixabay.com/agustriyanto
IPSI adalah organisasi yang didirikan pada tanggal 18 Mei 1948 di Surakarta (Solo) oleh para tokoh pencak silat dari berbagai aliran dan perguruan. Saat itu, Ketua IPSI yang pertama adalah Wongsonegoro.
Pembentukan IPSI dilatarbelakangi oleh keinginan untuk menyatukan berbagai aliran pencak silat yang ada di Indonesia. Selain itu juga untuk mempromosikan pencak silat sebagai warisan budaya yang harus dilestarikan dan dikembangkan.
Berdirinya IPSI sebagai induk organisasi pencak silat Indonesia memiliki beberapa tujuan utama, antara lain:
ADVERTISEMENT

1. Mengembangkan Pencak Silat

IPSI berkomitmen untuk mengembangkan pencak silat sebagai olahraga prestasi dan seni bela diri. Mereka menyelenggarakan berbagai pelatihan, kejuaraan, dan seminar untuk meningkatkan kualitas teknik dan kemampuan para pesilat.

2. Melestarikan Budaya

Sebagai bagian dari budaya Indonesia, IPSI berusaha melestarikan nilai-nilai tradisional yang terkandung dalam pencak silat. Termasuk menjaga etika, filosofi, dan ritual yang menjadi bagian integral dari latihan dan praktik pencak silat.

3. Mengatur dan Membina

IPSI berfungsi mengatur dan membina semua perguruan dan aliran pencak silat di Indonesia. Mereka menetapkan standar dan aturan yang harus diikuti dalam praktik dan pertandingan pencak silat.

4. Promosi dan Penyebaran

IPSI juga bertujuan untuk mempromosikan pencak silat di tingkat nasional dan internasional. Mereka bekerja sama dengan berbagai organisasi pencak silat di seluruh dunia untuk memperkenalkan pencak silat ke komunitas global.
ADVERTISEMENT
IPSI memiliki struktur organisasi yang terdiri dari Dewan Pembina, Dewan Pengurus Pusat, dan Dewan Penasehat. Struktur ini memudahkan IPSI untuk menjalankan tugas-tugasnya secara efektif dan efisien.
Di tingkat daerah, terdapat juga cabang-cabang IPSI. Cabang organisasi ini bertanggung jawab untuk mengelola dan mengembangkan pencak silat di tingkat provinsi, kota, dan kabupaten.
Berdasarkan buku Pencak Silat in the Indonesian Archipelago, O’ong Maryono, (2023), IPSI telah berhasil mengangkat pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang diperhitungkan di dunia internasional. Banyak pesilat Indonesia yang meraih prestasi di berbagai kejuaraan berkat dukungan dan pembinaan dari IPSI.
Sebagai induk organisasi pencak silat Indonesia, IPSI memiliki peran yang sangat penting. Khususnya dalam menjaga, mengembangkan, dan mempromosikan pencak silat sebagai warisan budaya dan olahraga prestasi. (DNR)
ADVERTISEMENT