Mengenal Kandungan Gizi yang Mendominasi Produk Olahan Hewani

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
18 April 2024 23:19 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Kandungan gizi yang mendominasi produk olahan hewani adalah protein. Sumber: Pexels/Malidate Van
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Kandungan gizi yang mendominasi produk olahan hewani adalah protein. Sumber: Pexels/Malidate Van
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Produk olahan hewani dikenal memiliki nilai gizi yang tinggi. Kandungan gizi yang mendominasi produk olahan hewani adalah protein, vitami, zat besi, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
Kandungan tersebut sangat baik dan diperlukan oleh tubuh. Oleh karena itu, masyarakat sebaiknya mengonsumsi produk olahan hewani secara rutin supaya asupan gizi dan nutrisinya terpenuhi.

Kandungan Gizi yang Mendominasi Produk Olahan Hewani adalah Protein

Ilustrasi kandungan gizi yang mendominasi produk olahan hewani adalah protein. Sumber: Unsplash/JK Sloan
Bahan pangan hewani adalah bahan pangan yang berasal dari hewan dan olahan turunannya. Contoh bahan pangan hewani adalah daging, telur, susu, ikan, hingga keju.
Dikutip dari artikel berjudul Bahan Pangan Hewan yang ditulis oleh drh. Ni Wayan Leestyawati Palgunadi, M.Si. dan bisa diakses pada laman resmi Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, www.distanpangan.baliprov.go.id, bahan pangan hewani dikenal memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi dibandingkan bahan pangan nabati.
Kandungan gizi yang mendominasi produk olahan hewani adalah protein. Bahan pangan hewani mengandung protein tinggi yang mudah dicerna dan diserap oleh tubuh.
ADVERTISEMENT
Selain itu, daging dan turunannya juga mengandung asam amino esensial yang lengkap dan seimbang. Asam amino ini tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh manusia.
Bahan pangan hewani juga mengandung berbagai nutrisi yang sangat diperlukan tubuh, seperti vitamin B21, vitamin D, zat besi, zinc (seng), dan asam lemak omega-3.
Sebagai contoh, dalam 100 gram daging sapi mengandung 18,20 gram, protein dan 14 gram lemak. Sementara itu, 100 gram bayam hanya mengandung 2,9 gram protein dan 0,4 gram lemak. Dari sini dapat dilihat bahwa kandungan nutrisi dalam daging jauh lebih tinggi.
Kandungan nutrisi yang baik dalam bahan pangan hewani juga sebanding dengan kandungan lemaknya yang tinggi. Jika mengonsumsi bahan pangan hewani secara berlebihan, dapat menyebabkan kolesterol. Untuk itu, masyakarat harus bijaksana dalam mengonsumsinya.
ADVERTISEMENT
Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa kandungan gizi yang mendominasi produk olahan hewani adalah protein, asam amino, dan berbagai nutrisi penting lainnya. Karena manfaatnya yang bagus untuk tubuh dan kesehatan, sebaiknya selalu sisipkan bahan pangan hewani pada menu makan harian. (SASH)