Penjelasan 4 Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalilnya

Konten dari Pengguna
4 Maret 2023 21:10
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Jelaskan 4 Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalilnya. Foto: dok. T Foz (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Jelaskan 4 Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalilnya. Foto: dok. T Foz (Unsplash.com)
Kiamat merupakan hari dimana kehancuran terjadi. Dalam Islam, kiamat dibagi menjadi dua, yaitu kiamat kubro dan kiamat sugro. Untuk mengetahui apa perbedaan kiamat sugro dan kubro, mari kita simak pembahasan soal pelajaran PAI “jelaskan 4 perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro!” dalam artikel berikut.

4 Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalil dan Contohnya

Hari akhir atau yang dikenal sebagai hari kiamat merupakan hari dimana kehancuran semua makhluk hidup yang ada di dunia ini. Dalam Islam, kiamat dibahas dalam berbagai ayat Alquran, salah satunya dalam surat Al Qariah yang berbunyi:

الْقَارِعَةُ. مَا الْقَارِعَةُ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا الْقَارِعَةُ . يَوْمَ يَكُونُ النَّاسُ كَالْفَرَاشِ الْمَبْثُوثِ . وَتَكُونُ الْجِبَالُ كَالْعِهْنِ الْمَنْفُوشِ . فَأَمَّا مَنْ ثَقُلَتْ مَوَازِينُهُ . فَهُوَ فِي عِيشَةٍ رَاضِيَةٍ . وَأَمَّا مَنْ خَفَّتْ مَوَازِينُهُ . فَأُمُّهُ هَاوِيَةٌ . وَمَا أَدْرَاكَ مَا هِيَهْ . نَارٌ حَامِيَةٌ

Artinya: Hari Kiamat, apakah hari Kiamat itu? Tahukah kamu apakah hari Kiamat itu? Pada hari itu manusia adalah seperti anai-anai yang bertebaran, dan gunung-gunung adalah seperti bulu yang dihambur-hamburkan. Dan adapun orang-orang yang berat timbangan (kebaikan)nya, maka dia berada dalam kehidupan yang memuaskan. Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan)nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah. Tahukah kamu apakah neraka Hawiyah itu? (Yaitu) api yang sangat panas. (QS. Al Qariah:1-11)

Berdasarkan surat Al Qariah tersebut, dijelaskan bagaimana gambaran hari kiamat yang sangat berat untuk dilalui manusia. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa manusia layaknya anai-anai yang berterbangan dengan gunung yang berhamburan, manusia bertebaran dan kebingungan tak tentu arah ke mana akan menyelamatkan diri.
Ilustrasi Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalilnya. Foto: dok. hilal kh (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalilnya. Foto: dok. hilal kh (Unsplash.com)
Dalam Islam, kiamat dibagi menjadi dua. Dijelaskan dalam buku Akidah Akhlak Madrasah Tsanawiyah Kelas IX yang disusun oleh Harjan Syuhada, ‎Fida' Abdilah (2021: 12) yang menyebutkan bahwa menurut sebagian ulama, hari akhir atau kiamat dapat dikelompokkan dalam dua bagian, yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra.
Kiamat sugra adalah kiamat kecil. Kiamat ini tidak memusnahkan kehidupan seluruh makhluk dalam satu waktu yang sama, melainkan menimpa pada makhluk hidup secara individu. Contohnya kematian yang dialami seseorang.
Sedangkan kiamat kubra adalah kiamat besar yang merupakan kehancuran alam semesta dengan segala isinya. Rusaknya alam semesta dimulai dengan guncangan yang sangat dahsyat tidak seperti yang dialami ketika terjadinya gempa bumi.
Kiamat kubro adalah kiamat besar yang menjadi akhir dari kehidupan makhluk hidup. Kiamat kubro akan terjadi pada akhir zaman dan diikuti dengan beberapa tanda-tanda khusus, antara lain:
  • Terbitnya matahari dari barat.
  • Turunnya Nabi Isa A.S.
  • Keluarnya Ya’juj dan Ma’juj.
Ilustrasi Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalilnya. Foto: dok. Khadeeja Yasser (Unsplash.com)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perbedaan Kiamat Sugro dan Kiamat Kubro beserta Dalilnya. Foto: dok. Khadeeja Yasser (Unsplash.com)
Berdasarkan penjelasan tersebut, berikut ini 4 perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro:
  1. Kiamat kubro menjadi tanda akhir dari kehidupan makhluk hidup. Sedangkan kiamat sugro tidak.
  2. Kiamat sugro dapat tidak memiliki periode waktu khusus dan dapat terjadi kapan saja. Sedangkan kiamat kubro terjadi pada hari akhir.
  3. Kiamat sugro terjadi dengan adanya bencana alam yang menghancurkan alam dalam skala kecil. Sedangkan kiamat kubro menghancurkan dan memusnahkan seluruh alam semesta.
  4. Kiamat kubro terjadi dengan tanda-tanda khusus yang dituliskan dalam beberapa ayat Alquran. Sedangkan kiamat sugro tidak ada tanda-tanda pasti.
Perbedaan kiamat sugro dan kiamat kubro beserta dalilnya yang disajikan secara ringkas dalam artikel ini dapat kita jadikan sebagai pengingat untuk tetap beramal kebaikan selama hidup sehingga kita dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan menjadi hamba yang selalu dirahmati Allah. (DAP)