Penokohan: Sifat dari Tokoh yang Tercermin dari Sikap, Perilaku, dan Ucapan

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
24 Maret 2024 18:14 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sifat dari Tokoh yang Tercermin Dari Sikap, Perilaku, Ucapan, Pikiran dan Pandangannya Terhadap Suatu Hal Dalam Cerita Disebut Penokohan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Avel Chuklanov
zoom-in-whitePerbesar
Sifat dari Tokoh yang Tercermin Dari Sikap, Perilaku, Ucapan, Pikiran dan Pandangannya Terhadap Suatu Hal Dalam Cerita Disebut Penokohan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Avel Chuklanov
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sifat dari tokoh yang tercermin dari sikap, perilaku, ucapan, pikiran dan pandangannya terhadap suatu hal dalam cerita disebut penokohan. Penokohan ini merupakan suatu hal yang sangat penting dalam sebuah cerita.
ADVERTISEMENT
Penokohan juga menjadi bagian dari unsur intrinsik sebuah karya sastra. Penokohan sangat berguna untuk memberikan karakter pada seorang toko seperti di novel, cerita pendek maupun di dalam drama.

Sifat dari Tokoh yang Tercermin Dari Sikap, Perilaku, Ucapan, Pikiran dan Pandangannya Terhadap Suatu Hal Dalam Cerita Disebut Penokohan

Sifat dari Tokoh yang Tercermin Dari Sikap, Perilaku, Ucapan, Pikiran dan Pandangannya Terhadap Suatu Hal Dalam Cerita Disebut Penokohan. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/Sam McGhee
Dikutip dari buku Terampil Mengarang karya Heri Jauhari, (2023) sifat dari tokoh yang tercermin dari sikap, perilaku, ucapan, pikiran dan pandangannya terhadap suatu hal dalam cerita disebut dengan penokohan.
Perlu diketahui bahwa penokohan berbeda dengan tokoh. Karena yang dimaksud dengan tokoh adalah orang atau binatang yang memerankan sebuah cerita. Tokoh bisa dibilang dengan pemeran dari sebuah cerita.
Sementara itu seperti yang sudah dijelaskan di awal bahwa penokohan merupakan penggambaran dari tokoh itu sendiri. Penokohan dalam sebuah cerita memiliki beberapa fungsi utama yang sangat penting.
ADVERTISEMENT
Untuk memberikan penokohan pada seorang tokoh ada beberapa teknik yang biasa digunakan. Teknik tergantung pada jenis karya sastra yang ditulis. Berikut ini adalah beberapa tekniknya.
ADVERTISEMENT
Berdasarkan ulasan tersebut bisa disampaikan jika sifat dari tokoh yang tercermin dari sikap, perilaku, ucapan, pikiran dan pandangannya terhadap suatu hal dalam cerita disebut penokohan. Penokohan ini memiliki peran penting dalam sebuah karya sastra. (WWN)