Penyebab Indonesia Memiliki Keragaman Gender dalam Kehidupan Sehari-hari

Berita Terkini
Penulis kumparan
Konten dari Pengguna
20 Februari 2024 19:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi penyebab indonesia memiliki keragaman gender adalah... - Sumber: pixabay.com/kerplode
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penyebab indonesia memiliki keragaman gender adalah... - Sumber: pixabay.com/kerplode
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Penyebab Indonesia memiliki keragaman gender adalah salah satu pertanyaan pada materi pelajaran IPS di SMA. Keragaman gender adalah adanya perbedaan dalam peran, perilaku, identitas, ekspresi, dan pengalaman individu berdasarkan jenis kelamin mereka.
ADVERTISEMENT
Keragaman gender mengakui bahwa setiap orang memiliki pengalaman yang unik terkait dengan gender mereka. Selain itu juga bahwa gender tidak hanya bersifat biner (laki-laki dan perempuan), tetapi dapat ada dalam berbagai bentuk dan variasi.

Penyebab Indonesia Memiliki Keragaman Gender adalah Karena Pandangan Masyarakat

Ilustrasi penyebab indonesia memiliki keragaman gender adalah... - Sumber: pexels.com/@magda-ehlers-pexels/
Berikut adalah soal lengkap untuk pertanyaan yang tadi sudah disebutkan:
ADVERTISEMENT
Jawaban yang tepat untuk pertanyaan penyebab Indonesia memiliki keragaman gender adalah karena pandangan masyarakat yang mengelompokkan tugas-tugas tertentu berdasarkan jenis kelamin. Jawabannya ada pada poin C.
Berdasarkan buku PASTI Plus SMA/MA IPS 2015, Tim Ganesha Operation, selain jawaban tersebut, masih ada beberapa hal lain yang menjadi penyebab keragaman gender di Indonesia. Di antaranya adalah:

1. Budaya dan Tradisi

Keanekaragaman budaya dan tradisi di Indonesia telah membentuk peran gender yang berbeda-beda dalam masyarakat. Beberapa daerah di Indonesia memiliki norma-norma yang memperkuat peran tradisional gender.

2. Agama dan Kepercayaan

Meskipun mayoritas penduduk Indonesia adalah Muslim, ada juga agama lain seperti Kristen, Hindu, Buddha, dan kepercayaan tradisional. Setiap agama memiliki pandangan yang unik tentang peran gender dan keluarga, yang dapat menciptakan keragaman.
ADVERTISEMENT

3. Perubahan Sosial dan Ekonomi

Perubahan sosial dan ekonomi yang pesat di Indonesia, seperti urbanisasi, industrialisasi, dan globalisasi, juga memengaruhi dinamika gender. Wanita semakin terlibat dalam pasar kerja, memiliki akses pendidikan, dan kesempatan untuk berkontribusi dalam berbagai sektor kehidupan.

4. Edukasi dan Kesadaran Masyarakat

Semakin banyak orang yang terbuka terhadap perbedaan dan menerima keberagaman gender, akan semakin banyak pula perubahan positif dalam sikap dan perilaku terkait gender.
Penyebab Indonesia memiliki keragaman gender adalah hasil dari interaksi antara berbagai faktor budaya, agama, sosial-ekonomi, dan kebijakan. Perubahan yang positif dalam arah kesetaraan gender membutuhkan kerja sama dari semua pihak di masyarakat. (DNR)