Penyebab Perang Dunia 1 dan Dampaknya terhadap Dunia

Konten dari Pengguna
9 Januari 2023 19:01
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Perang Dunia 1. Foto: Unsplash/Duncan Kidd
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Perang Dunia 1. Foto: Unsplash/Duncan Kidd
Setiap permasalahan yang terjadi di seluruh dunia, pasti selalu diawali dengan hal yang melatarbelakanginya, termasuk juga Perang Dunia 1. Perang Dunia 1 terjadi pada tahun 1914-1918 yang dimulai di Eropa terkait berbagai faktor permusuhan. Berikut penyebab Perang Dunia 1 dan dampaknya terhadap dunia.

Penyebab Perang Dunia 1 dan Dampaknya terhadap Dunia

Ilustrasi penyebab terjadinya Perang Dunia 1. Foto: Unsplash/Museums Victoria
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi penyebab terjadinya Perang Dunia 1. Foto: Unsplash/Museums Victoria
Dikutip dari buku Sejarah Perang Dunia I: 1914-1918 oleh Ivan Al Khanif Aditya (2022: 2), penyebab terjadinya Perang Dunia 1 terbagi menjadi dua macam, yakni sebab umum dan sebab khusus.

Sebab Umum

Persaingan Ekonomi, Politik, dan Ekonomi
Pada abad ke-19, negara-negara di Eropa memperebutkan kekuasaan di seluruh Eropa. Negara-negara tersebut mengalami kemajuan yang cukup pesat, terutama dalam sektor politik, ekonomi, militer. Kemajuan tersebut tidak diimbangi dengan sumber daya yang tersedia. Hal ini memaksa negara-negara Eropa membeli bahan baku dari negara luar. Akibatnya adalah terjadinya kolonialisme di setiap sudut dunia.
Selain itu, liberalisme ekonomi yang menciptakan kapitalisme dan perdagangan bebas yang berujung pada munculnya imperialisme modern, Inggris Raya, dan negara-negara Eropa maju tempat lahirnya Revolusi Industri pertama di Jerman dan negara-negara Eropa lainnya. Masalah-masalah tersebut nantinya akan menyeret negara-negara Eropa tersebut ke tahap perang yang sangat mengerikan.
Munculnya Persekutuan atau Aliansi Negara-Negara Eropa
Di awal abad ke-20, persaingan terjadi antar negara-negara di Eropa menimbulkan kekhawatiran akan adanya serangan dari negara yang menjadi saingannya. Persaingan-persaingan yang bersumber dari kepentingan politik antarnegara telah membagi Eropa menjadi dua kekuatan besar yang saling berlawanan dan memicu terbentuknya persekutuan atau aliansi antarnegara.
Inggris, Prancis, dan Rusia yang bernama persekutuan Triple Entente berada di satu pihak, sedangkan Jerman beserta Kekaisaran Austria-Hungaria yang diperintah oleh Dinasti Hapsburg asal Jerman berada di pihak lainnya. Kanselir Jerman, Otto von Bismarck kemudian mengadakan perundingan dengan Kerajaan Austria-Hongaria dan Rusia. Perjanjian tersebut bertujuan untuk membentuk persekutuan Triple Alliance.
Perlombaan Senjata dan Perebutan Wilayah
Terjadinya perlombaan senjata antara aliansi yang bersaing tersebut timbul karena adanya rasa saling curiga akan adanya serangan dari negara-negara yang bersaing. Salah satu bentuk persaingan tersebut adalah adanya perlombaan senjata antara Inggris dan Jerman. Perlombaan senjata yang dilakukan oleh Inggris dan Jerman ini kemudian meluas ke seluruh wilayah Eropa. Persaingan tersebut kemudian meluas dalam bentuk perluasan wilayah jajahan negara lain.
Pengaruh Darwinisme
Darwinisme adalah sebuah ideologi bahwa negara merupakan perwujudan dari semangat agung atau cita-cita mutlak. Negara bukanlah instrumen kekuasaan, tetapi tujuan memperoleh kekuasaan. Sehingga rakyat harus melayani negara bukan negara yang harus melayani rakyat.

Penyebab Khusus

Pembunuhan Putra Mahkota Austria-Hongaria Frans Ferdinand dan istrinya pada 28 Juni 1914 di Sarajevo, Ibu kota Bosnia, dianggap sebagai penyebab khusus pecahnya Perang Dunia I. Setelah diselidiki, pembunuhnya diidentifikasi sebagai Gavrilo Princip yang merupakan anggota tentara Tangan Hitam rahasia Serbia yang berusaha membebaskan Balkan dari cengkeraman Kekaisaran Austria-Hungaria.
Selain itu, Amerika Serikat juga bergabung dalam perang setelah Jerman melakukan pengeboman terhadap kapal perang tanpa akhir, termasuk kapal Amerika Serikat Lusitania dan Susek.

Dampak Perang Dunia 1

Akibat Perang Dunia 1 memberikan dampak besar terhadap kehidupan dunia, terutama negara-negara yang terlibat, di antaranya:
  • Setidaknya 8,5 juta tentara dan 13 juta warga sipil tewas selama Perang Dunia 1.
  • Munculnya senjata kimia, seperti gas mustard dan fosgen, teknologi baru seperti tank dan pesawat terbang.
  • Terjadinya pandemi flu Spanyol akibat pergerakan tentara dan pengungsi.
  • Utang yang menumpuk akibat biaya perang.
  • Kemiskinan.
Perang selalu menimbulkan dampak yang besar dan orang banyak yang berguguran. Selain itu, perang juga dapat menimbulkan berbagai macam hal yang akhirnya berdampak buruk bagi kehidupan manusia.(MZM)