kumparan
17 April 2019 13:09

Saksikan Hasil Hitung Cepat Pemilu 2019 Terlengkap di kumparan

Pemilu 2019.png
Masih ada waktu sekitar dua jam menuju pelaksanaan quick count atau hitung cepat. Hingga saat ini, proses pemungutan suara di seluruh TPS masih berlangsung yang diperkirakan hingga pukul 13.00 WIB.
ADVERTISEMENT
Sebagaimana telah diputuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK), pelaksanaan hitung cepat baru boleh dilakukan pada pukul 15.00 WIB (17/4) atau dua jam setelah proses pemungutan suara selesai.
Kumparan sendiri telah bekerja sama dengan enam lembaga survei untuk memberikan hasil hitung cepat Pemilu 2019. Di antaranya yakni LSI Denny JA, Indo Barometer, CSIS, Charta Politika, Poltracking, dan Median.
Keenam lembaga tersebut juga sudah diverifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Sejak diterapkan dalam Pilpres 2004, quick count menjadi metode yang sangat berguna untuk memantau proses pemungutan suara hingga pengumpulan data hasil perhitungan suara di seluruh TPS.
Dengan adanya metode ini, perhitungan hasil pemilu dapat diketahui dalam waktu yang singkat. Pengumpulan data dilakukan oleh ratusan bahkan ribuan relawan melalui pemantauan langsung saat pemungutan dan perhitungan suara berlangsung di seluruh TPS yang ada.
ADVERTISEMENT
kumparan nantinya akan menampilkan data dalam bentuk story yang bisa jadi rujukan para pembaca. Silahkan pantau perkembangan Quick Count atau hitung cepat hanya di kumparan.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan