Tokoh-Tokoh yang Berperan dalam Penyusunan Naskah Teks Proklamasi

Konten dari Pengguna
25 November 2022 22:43
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Berita Terkini tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi: Siapa Saja yang Berperan dalam Penyusunan dan Pengetikan Naskah tTks Proklamasi. Sumber: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi: Siapa Saja yang Berperan dalam Penyusunan dan Pengetikan Naskah tTks Proklamasi. Sumber: pixabay.com
ADVERTISEMENT
Dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan Republik Indonesia, ada tokoh-tokoh yang berperan dalam menyusun naskah teks proklamasi. Bahkan ada tokoh yang sampai dibuatkan Tugu Proklamasi, lantaran perannya dianggap sangat penting bagi perjuangan kemerdekaan. Lantas, Siapa saja yang berperan dalam penyusunan dan pengetikan naskah teks proklamasi? Berikut ulasan untuk mengetahuinya.
ADVERTISEMENT

Tokoh-Tokoh Penyusun Teks Proklamasi

Teks proklamasi ditulis di ruang makan rumah Laksamana Tadashi Maeda, Jln. Imam Bonjol Nomor 1. Tak sekadar menyediakan ruangan untuk penyusunan teks proklamasi, Laksamana Maeda pun menjamin keselamatan mereka dari ancaman pihak luar.
Banyak momentum sejarah yang terjadi di balik peristiwa penyusunan teks proklamasi. Tak ayal, para penyusun teks proklamasi yang terlibat pun telah dianugerahi pahlawan pejuang kemerdekaan.
Mengutip buku Tokoh Perjuangan Dunia: Soekarno&Roald Amundsen karya Asteria Renny (12:2017), para penyusun teks proklamasi itu adalah Ir. Soekarno, Drs. Mohammad Hatta, dan Mr. Ahmad Soebarjo. Walaupun disusun oleh tiga orang, namun konsep awalnya ditulis oleh Soekarno sendiri. Selanjutnya teks itu diketik oleh Sayuti Melik.
Sementara itu, dikutip dari buku Explore Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Jilid 3 karya Sri Untari dkk (40:2019), Naskah teks proklamasi ada dua, yaitu teks proklamasi klad dan teks proklamasi autentik.
ADVERTISEMENT
Teks proklamasi klad merupakan teks proklamasi yang berupa tulisan tangan Ir. Soekarno. Teks proklamasi klad ini merupakan hasil gubahan dari Drs. Mohammad Hatta dan Mr. Achmad Soebardjo.
Adapun teks proklamasi autentik merupakan teks proklamasi yang telah mengalami perubahan. Teks proklamasi inilah yang diketik oleh Sayuti Melik.
Pada teks proklamasi klad tidak ada tanda tangan Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta. Sementara pada teks proklamasi autentik yang diketik Sayuti Melik, ada tanda tangan Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.
Atas peran penting para tokoh-tokoh kenamaan Indonesia tersebut, momentum sejarah proklamasi pun diabadikan lewat bangunan Tugu Proklamasi. Pada bangunan bersejarah yang ada di Jakarta Pusat ini, terdapat patung sosok Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta.
ADVERTISEMENT
Ilustrasi: Tokoh-Tokoh yang Berperan dalam Penyusunan Naskah Teks Proklamasi Sumber: pixabay.com
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi: Tokoh-Tokoh yang Berperan dalam Penyusunan Naskah Teks Proklamasi Sumber: pixabay.com

Pembacaan Teks Proklamasi

Pembacaan teks proklamasi dilakukan di kediaman Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur 56. Soekarno yang sedang tampak demam dan letih tetap bersemangat melanjutkan upacara penting tersebut.
Agenda selanjutnya di tanggal 17 Agustus 1945 adalah kegiatan upacara dengan pembacaan proklamasi dan pidato singkat tanpa teks oleh Soekarno. Usai pembacaan teks proklamasi, bendera merah putih yang dijahit oleh Fatmawati pun dikibarkan.
Acara selanjutnya ialah sambutan-sambutan dari Wakil Walikota Jakarta saat itu yakni Soewirjo dan Pimpinan Barisan Pelopor yaitu Moewardi.
Demikian ulasan tentang tokoh yang berperan dalam penyusunan dan pengetikan naskah teks proklamasi. Semoga pembahasan di atas dapat bermanfaat dalam menambah wawasan Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) . (ANG)
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·