Bola & Sports
·
22 Juli 2021 19:00
·
waktu baca 1 menit

Inggris, Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Inggris, Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola (56770)
searchPerbesar
Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola sumber foto: https://unsplash.com/Jannick Skoma
Sepak bola merupakan olahraga atau permainan kegemaran banyak orang di muka bumi ini, baik sekadar menjadi penonton atau pemainnya. Setiap Piala Dunia berlangsung, hampir seluruh tempat yang mengadakan acara nonton bareng (nobar) dipenuhi oleh orang-orang yang memang menggemari sepak bola atau sekadar menggemari euforia dari Piala Dunia. Tapi tahukah Anda, Inggris adalah negara yang pertama kali memperkenalkan permainan sepak bola modern. Seperti berikut ini ulasan singkatnya.
ADVERTISEMENT

Sejarah Permainan Sepak Bola

Dilansir dari buku “Pendidikan Jasmani dan Kesehatan”, Asep Kurnia Nenggala (2006:2), permainan menendang dan menggiring bola sudah ada sejak abad 2 SM di Tiongkok. Permainan itu juga mulai digemari di Italia pada abad ke-16 dan terbawa ke Inggris.
Inggris, Negara yang Pertama Kali Memperkenalkan Permainan Sepak Bola (56771)
searchPerbesar
sumber foto: https://unsplash.com/Sven Kucinic
Melalui pertemuan 11 wakil sepak bola Inggris pada tahun 1863 di Football Association Freemasons Tavern, London, Inggris, berdirilah Football Association yang menetapkan berbagai peraturan di dalam permainan sepak bola. Peraturan-peraturan itu kemudian diikuti oleh asosiasi sepak bola dari Wales, Skotlandia, dan Irlandia. Pada tahun 1869, dikeluarkan larangan untuk membawa bola menggunakan tangan saat bermain sepak bola. Selama abad 19, olahraga sepak bola dibawa para pedagang, pelaut, dan tentara Inggris ke berbagai belahan dunia.
ADVERTISEMENT
Seiring perkembangan dan kemajuan dunia sepak bola, pada 21 Mei 1904 di Paris, Prancis, lahirlah asosiasi tertinggi sepak bola dunia bernama FIFA(Fédération Internationale de Football Association) yang mengatur dunia sepak bola sedunia dan mengadakan berbagai kompetisi di berbagai negara, termasuk Piala Dunia (FIFA World Cup) setiap 4 tahun sekali.
Sebagai negara yang memperkenalkan dan menjadikan sepak bola sebagai olahraga favorit hampir seluruh penduduk dunia, Inggris juga memiliki pemain-pemain sepak bola papan atas yang bermain di klub-klub bola yang tenar seperti David Beckham, Wayne Rooney, Harry Kane, Michael Keane, dan banyak lagi.(IJS)