Food & Travel
·
11 Juni 2021 18:27
·
waktu baca 2 menit

Kebiasaan Orang Sunda dan Kebudayaan Jawa Barat

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Kebiasaan Orang Sunda dan Kebudayaan Jawa Barat (31716)
Orang Sunda yang terkenal dengan keramahannya. Foto: dok. https://unsplash.com/
Salah satu kebudayaan yang banyak dijumpai di Indonesia adalah kebudayaan Jawa Barat dan Sunda. Kebudayaan Jawa Barat yang banyak diterapkan orang sunda ini menjadikan orang sunda memiliki kebiasaan dan ciri khas tersendiri. Berikut ini adalah ulasan singkat mengenai kebiasaan orang sunda dan kebudayaan Jawa Barat yang perlu Anda ketahui.
ADVERTISEMENT

Kebiasaan Orang Sunda Serta Kebudayaan Jawa Barat Sebagai Ciri Khas

Seperti yang kita ketahui bahwa seringkali kita menjumpai kebudayaan Jawa Barat di Indonesia, terlebih saat kita mengunjungi kawasan Jawa Barat dan sekitarnya. Di Jawa Barat ini kita dapat dengan mudah menemukan masyarakat yang menerapkan kebudayaan Jawa Barat. Orang-orang ini biasanya dikenal dengan sebutan orang sunda.
Sebutan orang sunda ini melekat pada masyarakat Jawa Barat yang menerapkan kebudayaan Jawa Barat atau Sunda di dalam kesehariannya. Dalam buku berjudul Suku Bangsa Dunia dan Kebudayaannya yang disusun oleh Pram (2013:73) menyebutkan bahwa Suku Sunda adalah kelompok etnis yang berasal dari bagian barat Pulau Jawa, Suku Sunda adalah kelompok etnis yang kedua terbesar di Indonesia.
Kebiasaan Orang Sunda dan Kebudayaan Jawa Barat (31717)
Kehidupan orang Sunda. Foto: dok. https://unsplash.com/
Dalam buku tersebut juga dijelaskan bahwa orang Sunda memiliki beberapa kebiasaan khusus yang menjadi ciri khas. Salah satu kebiasaan orang sunda yang dapat dengan mudah kita temui adalah penggunaan bahasa sunda dalam percakapan sehari-hari. Bahasa sunda yang digunakan juga beragam karena bahasa Sunda memiliki beberapa dialek bahasa Sunda yang berbeda di tiap daerah yang tersebar di Jawa Barat.
ADVERTISEMENT
Kebiasaan orang Sunda lainnya yang juga dapat kita jumpai dengan mudah adalah murah senyum, ramah dan juga memiliki selera humor yang khas. Hal ini dapat kita temukan dengan mudah di kawasan Jawa Barat yang merupakan sebagai kampung halaman orang sunda ini sendiri.
Tak hanya itu, kebiasaan orang Sunda lainnya yang juga dapat kita temukan bahkan di luar Jawa Barat adalah menyukai lalapan dan sambal. Hal ini dapat kita ketahui dari tiap warung makan sunda yang selalu menyediakan menu hidangan sambal dan lalapan di tiap pesanannya. Tak hanya itu, seni musik khas Jawa Barat yang identik dengan seruling bambu ini juga sering kali disajikan di tempat makan sunda yang kita kunjungi.
ADVERTISEMENT
Kebiasaan orang sunda tersebut merupakan salah satu kebudayaan Indonesia yang wajib dilestarikan secara terus menerus sebagai kekayaan Indonesia. Mari kita lestarikan kebudayaan Indonesia dengan mulai menerapkan kebudayaan dalam kehidupan sehari-hari dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia hingga ke mancanegara. (DAP)