Food & Travel
·
14 September 2021 12:42
·
waktu baca 2 menit

Keunikan Pakaian Adat Bali Berdasarkan Fungsinya

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Keunikan Pakaian Adat Bali Berdasarkan Fungsinya (401918)
searchPerbesar
Pakaian Adat Bali. (Foto: https://flickr.com)
Keragaman budaya Indonesia dapat dilihat dalam pakaian adat. Pakaian adat atau pakaian tradisional merupakan kostum yang mengekspresikan identitas yang dikaitkan dengan wilayah geografis atau periode waktu dalam sejarah. Selain itu, pakaian adat juga dapat menunjukkan status sosial, perkawinan, dan agama.
ADVERTISEMENT
Beberapa contoh pakaian adat yang ada di Indonesia, yaitu Ulee Balang (Aceh), Melayu Riau (Riau), Bundo Kanduang (Sumatra Barat), Jawi Jangkep dan Kebaya (Jawa Tengah), Laku Tepu (Sulawesi Utara), Baju Cele (Maluku, pakaian adat Ewer (Papua Barat), pakaian adat Bali (Bali), dan masih banyak lagi pakaian adat lainnya yang khas dari daerah masing-masing di Indonesia. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih lanjut mengenai keunikan pakaian adat Bali berdasarkan fungsinya.

Keunikan Pakaian Adat Bali

Keunikan Pakaian Adat Bali Berdasarkan Fungsinya (401919)
searchPerbesar
Pakaian Adat Bali. (Foto: https://flickr.com)
Cara berbusana dalam masyarakat Bali tergolong unik, karena masyarakat Bali dikenal sebagai orang-orang yang menyukai kesederhanaan dalam berbusana, tetapi juga menyukai kemewahan dalam acara-acara tertentu. Dikutip dari buku Mengenal Rumah Adat, Pakaian Adat, Tarian Adat, dan Senjata Tradisional: 33 Provinsi di Indonesia yang ditulis oleh tim penulis (2009: 36), berikut keunikan pakaian adat Bali: pakaian adat Payas Agung yang dapat dibedakan berdasarkan fungsi jenis kelamin pemakainya.
ADVERTISEMENT
Pakaian adat Bali yang digunakan oleh pria
Kepala pria memakai ikat kepala yang disertai bunga emas dan bunga kamboja. Tubuhnya dililiti kain songket saput pada batas dada hingga di bawah lutut. Sebilah keris diselipkan di bagian punggung. Corak-corak pada kain sangat khas dan didominasi warna emas. Pakaian adat ini biasanya dipakai pula saat hari pernikahan. Pakaian adat pria terdiri dari kain songket saput, penutup kepala atau destar, serta sebilah keris yang diselipkan.
Pakaian adat Bali yang digunakan oleh wanita
Wanita mengenakan dua helai kain songket dan stagen songket atau memaprada. Ia pun memakai selendang yang disebut senteng. Rambutnya disanggul khas tagel dan dihiasi bunga emas serta kamboja. Perhiasan lain yang dipakai adalah kalung, gelang, dan anting berwarna emas.
ADVERTISEMENT
Semoga informasi ini bermanfaat! (CHL)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white