News
·
10 Maret 2021 12:58

Pengertian Sentriol dan Fungsinya dalam Pembelahan Sel

Konten ini diproduksi oleh Berita Update
Pengertian Sentriol dan Fungsinya dalam Pembelahan Sel (134840)
searchPerbesar
Foto: phoenixhillna.org
Sentriol yaitu struktur seperti silinder yang memiliki lubang di tengah dan tersusun dari protein mikrotubulus yang membentuk suatu struktur protein seperti jala yang tampak belekatan dengan kromoson selama pembelahan sel (mitosis dan meiosis).
ADVERTISEMENT
Sentriol juga merupakan salah satu bagian sebuah organel sel yang terdiri dari 2 komponen mikrotuba. Dalam tiap-tiap komponennya memiliki 9 mikrotuba.
Dalam setiap komponen memiliki bentuk yang sama. Sentriol mempunyai 3 bentuk seperti tabung (silinder), yang terbentuk dari sebuah tubulin serta juga sebagian besar dari sel sentriol itu berada di dalam sel eukariotik.
Sel sentriol juga merupakan perkembangan dari sel sentrosom yang mana menjadi pusat sel dari area sitoplasma yang terletak bersebelahan dengan inti sel.
Dalam buku Biologi, Sentriol berperan untuk mengatur polaritas (kutub) pembelahan sel hewan dan mengatur pemisahan kromosom selama pembelahan sel
Fungsi sentriol dalam pembelahan sel
1. Berperan penting dalam pembentukan berbagai bangunan selular yang terdiri atas mikrotubula dan juga pada sel gelendong mitosis pada pembelahan sel, sillium, flagelum, & beberapa juluran sel khusus
ADVERTISEMENT
2. Sebagai badan basal tempat pembentukan sillia. Badan basal terletak pada lempeng basal yang berada di ujung serta menghadap ke arah permukaan sel dank arena itu strukturnya pun menjadi sedikit berbeda dengan sentriol.
3. Sentriol berfungsi sebagai badan basal atau kinetosom dalam pergerakan.

Peran Sentriol dalam Pembelahan sel

Sentriol mempunyai fungsi dalam membentuk kutub-kutub yang akan diproses pada pembelahan sel. Selain itu sel ini juga memliki peran dalam proses mitosis dan dalam penyelesaian sitoknesis.
Awalnya sentriol sangat diperlukan dalam pembentukan mitosis pada hewan. Namun setelah diadakannya penelitian ulang, sel-sel sentriol yang sudah dihapus dengan laser masih dapat berkembang sebelum sentriol bisa disintesis.
Dalam muatan lalat yang memiliki kekurangan sentriol ia terbukti dapat berkembang normal, meskipun sel-sel yang terdapat pada lalat dewasa memiliki kekurangan flagela serta sillia, yang pada akhirnya mereka akan mati setelah melahirkan.
ADVERTISEMENT
Setelah mengetahui apa itu sentriol dan fungrinya, taukah kamu bahwa Sentriol pertama kali ditemukan oleh Theodor Boveri tahun 1888. Ia merupakan seorang Ilmuan Biologi yang berasal dari Jerman. Teorinya yang sangat terkenal yaitu “Perkembangan Embrio Sutton Boveri dan Teori Kromosom Sentrosom."