News
·
29 November 2020 12:50

10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020

Konten ini diproduksi oleh BASRA (Berita Anak Surabaya)
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74008)
Menuju akhir tahun 2020, grup konsumen yang menamakan diri World Against Toys Causing Harm, Inc (W.A.T.C.H) merilis 10 daftar mainan yang dianggap buruk dan berbahaya. W.A.T.C.H mengatakan, meski banyak dari permainan itu menyenangkan dan menghibur untuk anak-anak, tapi permainan itu memiliki unsur bahaya yang tersembunyi dan bisa membuat anak-anak berisiko cedera atau berujung kematian.
ADVERTISEMENT
Mengutip citybeat.com, inilah 10 mainan yang dianggap berbahaya di tahun 2020.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74009)
Calico Critters Nursery Friends
Calico Critters Nursery Friends. "Mainan seharga USD 14.95 ini dianggap tidak ramah anak-anak karena memiliki bagian kecil yang rawan membuat anak tersedak. Meskipun sebenarnya pihak produsen sudah mengelompokkan permainan ini di usia 3+ tapi tetap saja berbahaya bagi balita yang menjalani fase oral," kata W.A.T.C.H.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74010)
The Toysmith Missile Launcher
The Toysmith Missile Launcher. W.A.T.C.H mengatakan, "Anak lima tahun disarankan untuk meluncurkan misil dengan bentuk seperti ketapel yang bisa membumbung tinggi sampai 75 kaki. Tidak ada peringatan bahwa permainan ini bisa menyebabkan cedera mata atau wajah. Sedangkan di kemasan produk dicontohkan permainan ini diluncurkan dekat wajah."
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74011)
Marvel Avengers Vibranium Power FX Claw
Marvel Avengers Vibranium Power FX Claw. Cakar Black Panther ini mungkin terlihat keren. Tapi menurut W.A.T.C.H, cakar Power FX ini terbuat dari plastik yang keras. "Produsen menyertakan peringatan agar tidak menggunakannya untuk memukul atau mengayunkan pada orang atau binatang."
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74012)
Gloria Owl
Gloria Owl. Menurut W.A.T.C.H, boneka Gloria ini dijual untuk bayi berusia 12 bulan. Padahal, pabrik pembuat mainan ini mengakui kalau rambut panjang Gloria berpotensi tercabut dan menyebabkan tersedak yang berujung pada cedera pencernaan.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74013)
WWE Jumbo Superstar Fists
WWE Jumbo Superstar Fists. Sarung tinju berukuran jumbo ini dijual untuk anak-anak usia 3 tahun. Tujuannya, agar anak-anak bisa meniru 'superstar' gulat profesional. "Tidak ada peringatan atau saran kehati-hatian yang diberikan terkait potensi cedera benda tumpul atau benturan," kata W.A.T.C.H.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74014)
Scientific Explorer Sci-Fi Slime Kit
Scientific Explorer Sci-Fi Slime Kit. "Ada banyak peringatan dan saran kehati-hatian tentang bahan kimia yang disertakan. Misalnya kantong seng sulfida yang ada di dalamnya bisa menyebabkan iritasi mata, kulit, dan penapasan. Kandungan tersebut juga berbahaya bila tertelan," kata W.A.T.C.H.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74015)
The Original Boomerang Interactive Stunt UFO
The Original Boomerang Interactive Stunt UFO. Permainan ini membutuhkan kemampuan menangkap yang cekatan. Karena baling-baling yang berputar keras juga bisa menyebabkan cedera tangan.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74016)
Boom City Racers Starter Pack
Boom City Racers Starter Pack. Permainan ini bahaya untuk bola mata. "Mobil balap Boom City dijual dengan peluncur rip cord sehingga anak-anak usia 4 tahun bisa menggunakan 'stunt set' untuk 'RIP, RACE, dan EXPLODE! Pabrikan juga memberikan banyak peringatan agar tidak membidik daerah mata atau wajah," kata W.A.T.C.H.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74017)
My Sweet Love Lots to Love Babies Minis
My Sweet Love Lots to Love Babies Minis. "Boneka bayi mungil ini dijual untuk anak usia 2 tahun yang dilengkapi dengan aksesoris peralatan makan. Namun, sendok plastik yang kaku dan memiliki panjang sekitar 2 cm ni berpotensi tertelan dan menyumbat jalan napas anak," kata W.A.T.C.H.
10 Mainan Anak yang Dinilai Berbahaya Sepanjang Tahun 2020 (74018)
Star Wars Mandalorian Darksaber. Mainan ini memang keren untuk orang dewasa, tapi tidak untuk anak-anak. Pedang Darksaber yang terbuat dari plastik kaku ini berisiko membuat cedera di wajah dan menyebabkan benturan.
ADVERTISEMENT