Biopsi Payudara Bikin Sel Kanker Menyebar? Mitos/Fakta?

Konten Media Partner
24 November 2022 8:05
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Biopsi Payudara Bikin Sel Kanker Menyebar? Mitos/Fakta? (363242)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Pertanyaan:
Halo dokter, saya wanita usia 40 tahun. Ada benjolan pada payudara kanan yang saya rasakan 1 tahun ini. Saya sudah melakukan pemeriksaan USG payudara dan mamografi. Dari hasil pemeriksaan tersebut, dokter menyarankan untuk dilanjutkan pemeriksaan biopsi payudara. Saya takut biopsi, karena banyak orang bilang kalau biopsi malah menyebabkan sel kanker menyebar. Apa benar dok? Tujuan biopsi payudara apa? Jika tidak saya lakukan bagaimana? (Amanda, Surabaya)
ADVERTISEMENT
Jawaban:
Terima kasih atas pertanyaannya. Biopsi payudara adalah tindakan medis untuk mengambil jaringan dari benjolan payudara. Tujuan biopsi payudara antara lain untuk memastikan sifat jinak atau ganas suatu benjolan, dan yang paling penting adalah untuk mengetahui terapi apa untuk benjolan tersebut, apakah operasi, kemoterapi, radioterapi, atau lainnya.
Tidak semua benjolan payudara perlu dilakukan biopsi payudara. Umumnya biopsi payudara dilakukan apabila dokter mencurigai suatu benjolan payudara bersifat ganas. Namun belum tentu jika dilakukan biopsi payudara sudah pasti ganas, karena setelah biopsi payudara barulah kita mengetahui sifat benjolan payudara jinak atau ganas.
Biopsi sendiri ada banyak macam. Ada Fine Needle Biopsy (Biopsi Jarum Tipis), umumnya untuk mengambil sampel jaringan yang lokasinya tidak terlalu dalam/ di bawah permukaan kulit dengan jarum tipis.
Biopsi Payudara Bikin Sel Kanker Menyebar? Mitos/Fakta? (363243)
zoom-in-whitePerbesar
Lalu ada Core Needle Biopsy (Biopsi Jarum Inti), yaitu prosedur pengambilan sampel jaringan pada benjolan yang lokasinya dalam seperti benjolan payudara. Sampel yang diambil lebih besar, biasanya sebesar sebutir nasi.
ADVERTISEMENT
Selanjutnya Surgical Excision Biopsy, yaitu biopsi dengan operasi untuk mengangkat bagian yang dianggap tidak normal. Setelah itu ada Vacuum-assisted Core Biopsy, yaitu prosedur biopsi dengan pembedahan sayatan minimal. Luka sayatan sangat kecil (< 5mm), menggunakan jarum dan vakum.
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Banyak orang beranggapan, biopsi payudara merupakan prosedur operasi yang rumit, membutuhkan waktu lama, sayatan besar, bius total, dan harus rawat inap di Rumah Sakit. Padahal faktanya biopsi payudara merupakan prosedur sederhana, hanya butuh waktu 10-15 menit, luka minimal, bius lokal dan tidak perlu rawat inap. Biopsi payudara bisa dilakukan one day care di MedicElle Clinic dan bisa langsung pulang.
Persiapan biopsi payudara hanya perlu persiapan mental saja, karena jarum yang digunakan kecil dan hanya bius lokal. Pasien sebaiknya menggunakan pakaian dan bra yang nyaman serta mudah dibuka, tidak memakai lotion, bedak, deodoran di area payudara.
ADVERTISEMENT
Tahapan biopsi payudara, pertama disinfeksi lokasi yang akan dilakukan biopsi. Selanjutnya gunakan doek steril untuk menjaga sterilisasi area biopsi. Lalu dokter akan memberikan bius lokal dengan cara injeksi. Setelah itu proses biopsi dilakukan dengan bantuan USG guiding. Seluruh proses menggunakan alat steril dan terbilang cepat (10-15 menit). Setelah biopsi pasien bisa langsung pulang dan tidak ada pembatasan aktivitas.
Biopsi Payudara Bikin Sel Kanker Menyebar? Mitos/Fakta? (363244)
zoom-in-whitePerbesar
Terkait apakah biopsi bisa menyebarkan sel kanker, hal itu hanyalah mitos belaka. Belum ada penelitian ilmiah yang membuktikan biopsi dapat menyebarkan sel kanker. Setelah sample jaringan didapatkan dari prosedur biopsi, jaringan tersebut akan dibawa ke laboratorium untuk dilakukan pemeriksaan patolgi anatomi untuk mengetahui jenis dan sifat sel yang diambil. Setelah proses biopsi payudara dan pemeriksaan patologi anatomi ini semuanya bisa dilakukan di MedicElle Clinic.
ADVERTISEMENT
Efek samping pascabiopsi pun sangat minimal. Efek samping yang mungkin terjadi, pasien hanya akan merasa sedikit tidak nyaman, sedikit nyeri, dan sedikit bengkak. Untuk mengurangi nyeri dan bengkak bisa diberikan obat dan kompres dingin.
Jika kita menunda atau tidak melakukan biopsi payudara, berarti sama saja dengan menunda terapi. Karena jika kita tidak melakukan biopsi, maka kita tidak akan bisa mengetahui terapi apa yang paling tepat. Jika tidak melakukan terapi, otomatis sel kanker akan terus tumbuh dan berkembang seiring berjalannya waktu. Jadi, tidak perlu takut. Karena menunda biopsi sama dengan menunda terapi dan memperparah penyakit.
MedicElle Clinic merupakan klinik khusus wanita pertama dan satu-satunya di Surabaya dengan semua tenaga medis-nya wanita.
ADVERTISEMENT
MedicElle Clinic melayani medical check up, dokter spesialis bedah dan payudara, dokter spesialis kandungan, dokter spesialis penyakit dalam konsultan hematologi onkologi medik (kanker dan kelainan darah), dokter spesialis anak, dokter gigi umum dan spesialis konservasi gigi, dokter spesialis kulit dan kelamin, dokter spesialis rehabilitasi medik serta dokter umum. Melibatkan dokter ahli dan pengalaman dengan teknologi modern dan berkualitas bagi pasien.