Kopi Susu Jadi Minuman Populer di Indonesia, Ini Sebabnya

Konten Media Partner
30 September 2022 16:05 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Junadi, Spesialis Kopi Nespresso. Foto: Masruroh/Basra
zoom-in-whitePerbesar
Junadi, Spesialis Kopi Nespresso. Foto: Masruroh/Basra
ADVERTISEMENT
Tanggal 1 Oktober diperingati sebagai Hari Kopi Sedunia. Makin lama kopi telah menjadi gaya hidup bagi masyarakat Indonesia. Dan kopi susu beberapa tahun ini menjadi minuman yang cukup digandrungi banyak kalangan terutama anak muda Indonesia. Deretan kedai kopi pun berlomba-lomba menyajikan racikan es kopi susu yang menjadi ciri khas mereka.
ADVERTISEMENT
Lalu apa yang membuat kopi susu begitu populer di Indonesia? Menurut Junadi, Spesialis Kopi Nespresso, rasa kopi susu cukup familiar dengan lidah orang Indonesia.
"Kopi susu kan rasanya manis dan ini sangat cocok dengan lidah orang Indonesia yang memang menyukai minuman manis," ujarnya di butik baru Nespresso di Surabaya, Jumat (30/9).
Uniknya, lanjut pria yang kerap disapa Juna ini, pecinta kopi susu bisa ditelisik lewat gender. Untuk kalangan perempuan muda misalnya cenderung menyukai kopi susu dengan campuran susu yang lebih banyak. Sebaliknya, kalangan pria muda biasanya akan lebih memilih minuman kopi susu dengan campuran susu yang lebih sedikit.
Lukisan dinding di Nespresso Tunjungan Plaza yang menceritakan perjalanan kopi Nespresso dari perkebunan hingga menjadi kapsul kopi premium Nespresso.
Sementara itu Sarah Angela, Senior Manager Marketing Communications Kanmogroup menuturkan angka pecinta kopi di Indonesia cukup tinggi. Secara nasional peningkatannya mencapai 10 persen.
ADVERTISEMENT
"Apalagi masa pandemi kemarin dengan adanya pembatasan penjualan kopi sangat tinggi karena banyak yang ngopi di rumah. Dan mayoritas memang kopi susu yang disukai," ujarnya.
Sementara itu butik terbaru Nespresso di Surabaya memiliki desain dan nuansa sesuai dengan ciri khas Nespresso, yakni interior hangat yang mengingatkan pengunjung pada kenyamanan rumah.
Untuk memberikan sentuhan warisan Indonesia pada butik ini, Nespresso berkolaborasi dengan seniman lokal dalam membuat lukisan dinding yang menerjemahkan komitmen brand dalam menciptakan dampak yang positif terhadap komunitas kopi di Tanah Air.
Lukisan dinding atau mural ini menceritakan tentang perjalanan kopi dari hulu ke hilir; dari perkebunan hingga menjadi kapsul kopi premium yang bisa dinikmati di rumah.