Tekno & Sains
·
22 September 2020 14:48

Mahasiswa Unusa Olah Pelepah Pisang Jadi Gantungan Botol Tumbler

Konten ini diproduksi oleh
Mahasiswa Unusa Olah Pelepah Pisang Jadi Gantungan Botol Tumbler (47428)
Contoh gantungan tumblr dari pelepah pohon pisang.
Pohon pisang merupakan tanaman yang multiguna. Karena dalam setiap bagian pohon pisang mulai dari daun, buah, batang atau pelepah hingga dan akarnya mempunyai banyak manfaat.
ADVERTISEMENT
Sayangnya, pemanfaatan pohon pisang terutama bagian pelepahnya selama ini masih kurang optimal.
Untuk itu, lima mahasiswa dari Universitas Nahdlatul Ulama (Unusa) Surabaya berinisiatif mengolah pelepah pisang menjadi sebuah gantungan untuk mempermudah membawa botolo minuman (tumbler).
Kelima mahasiswa yang membuat produk bernama Gelis (Gantungan Pelepah Pisang) tersebut adalah Yolanda Lettalia, Adelina Pratiwi, Sofi Azilan Aini, Arista Putri Sulistiana, dan Nindy Kurniati.
Yolanda Lettalia selaku ketua kelompok mengatakan, pemanfaatan limbah tersebut sangat baik untuk menjadikan pelepah pisang menjadi sesuatu yang bernilai. Selain itu, pemanfaatan limbah juga baik melestarikan lingkungan.
"Pelepah pisang ini kami inovasikan menjadi gantungan untuk mempermudah membawa tumbler tidak sekali pakai. Hal ini membantu untuk mengurangi penggunaan botol minum sekali pakai, dikarenakan banyak masyarakat yang lebih menyukai membeli minum dalam kemasan sekali pakai," kata Yolanda pada Basra, Selasa (22/9).
ADVERTISEMENT
Bahkan untuk pemberian nama produk, Yolanda dan tim mengambil nama Gelis yang berasal dari Bahasa Sunda dan memiliki arti cantik.
Mahasiswa Unusa Olah Pelepah Pisang Jadi Gantungan Botol Tumbler (47429)
"Pemilihan nama ini juga berhubungan dengan tujuan kami untuk mempercantik lingkungan karena limbah yang menumpuk, serta mempercantik tampilan tumbler agar mudah dibawa kemana saja," ucap mahasiswa dari prodi S1 Kesehatan Masyarakat ini.
Ketika ditanya lebih lanjut terkait cara pembuatan gantungan ramah lingkungan itu, Yolanda mengungkapkan jika cara ya cukup mudah.
Pertama pelepah pisang dikeringkan, setelah itu pelepah pisang yang telah kering ditipiskan dengan menggunakan mesin.
Selanjutnya, pelepah pisang dibagi menjadi lima bagian. Dimana masing-masing bagian dibagi kembali menjadi dua helai lalu dipilin.
"Nah proses pilin pelepah pisang ini dilakukan dengan cara menyilang agar lebih kuat. Setelah tinggal diikat dan dapat digunakan," jelasnya.
ADVERTISEMENT
Dengan adanya produk inovasi tersebut Yolanda dan tim berharap dapat mendorong masyarakat terutama milenial untuk mulai membawa tumblr dan mengurangi penggunaan botol sekali pakai.
"Karena teman-teman yang tidak membawa tumblr itu biasanya susah bawa, jadi kami bikin inovasi ini untuk mempermudahnya. Untuk satu gantungan Gelis ini kami jual Rp 15 ribu dan bisa bertahan lama," pungkasnya.