Mengenal Pindapatta, Ritual Umat Buddha Bersedekah untuk Para Bhikku

Konten Media Partner
24 Mei 2024 6:40 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Umat Buddha saat melakukan ritual pindapatta di sela gelaran Vesak Festival.
zoom-in-whitePerbesar
Umat Buddha saat melakukan ritual pindapatta di sela gelaran Vesak Festival.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Memperingati Hari Raya Tri Suci Waisak, umat Buddha di Kota Surabaya berbondong-bondong mengikuti ritual pindapatta di Vesak Festival Surabaya. Pindapatta merupakan sebuah prosesi di mana para Bhikkhu Sangha berjalan dan umat memberikan dana makanan dengan meletakkannya ke dalam patta (mangkok makan Bhikkhu).
ADVERTISEMENT
Anak-anak hingga lansia yang merupakan umat Buddha membentuk lingkaran dan bersimpuh di tengah gelaran Vesak Festival sambil menyiapkan persembahan kepada para Bhikkhu. Tak lama kemudian, para Bhikkhu keluar membawa patta untuk menerima persembahan makanan dari para umat.
Ketua Panitia Vesak Festival 2024 Anthony Orodiputro menjelaskan, bahwa ritual ini bermakna penghormatan umat pada anggota Sangha. Dalam ritual ini, umat memberikan makanan kepada anggota sangha.
“Sebagai penghormatan kepada anggota Sangha, umat memberikan dana makanan untuk mencukupi kebutuhannya,” kata Anthony, Kamis (23/5) malam.
Ia mengaku senang karena antusiasme umat Buddha yang mengikuti ritual pindapatta tahun ini luar biasa dibanding tahun-tahun sebelumnya. Bahkan, ia memastikan yang mengikuti pindapatta itu terus meningkat setiap tahunnya.
“Jadi, pindapatta ini akan kita lakukan terus hingga beberapa hari ke depannya, sehingga akan lebih banyak lagi umat yang mencukupi kebutuhan anggota Sangha,” ujarnya.
ADVERTISEMENT
Menurut Anthony, antusiasme umat yang mengikuti pindapatta itu berbanding lurus dengan banyaknya pengunjung Vesak Festival tahun 2024 ini. Ia memperkirakan pengunjung Vesak Festival tahun ini akan jauh lebih banyak karena festival tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.
“Total pengunjung Vesak Festival tahun 2023 sebanyak 49 ribu lebih selama lima hari. Tahun ini kita akan lihat lagi, tapi semoga bisa lebih dari itu karena tahun ini sangat spesial,” tegasnya.
Salah satu yang paling spesial dalam Vesak Festival tahun ini adalah penghargaan Rekor MURI atas Rupang Buddha Bergerak Terbesar di Dalam Gedung. Rupang Buddha ini merupakan yang terbesar di Indonesia karena memiliki tinggi 6,5 meter.