SUSU.jpg

Tak Cuma Kuatkan Tulang, Kalsium Bisa Perbaiki Suasana Hati dan Ringankan PMS

26 Januari 2022 10:08
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tak Cuma Kuatkan Tulang, Kalsium Bisa Perbaiki Suasana Hati dan Ringankan PMS (22952)
zoom-in-whitePerbesar
ADVERTISEMENT
Bila selama ini kalsium hanya dianggap mampu menguatkan tulang dan gigi, penjelasan Andriyanto, ahli gizi sekaligus Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Indonesia ini bisa membuka pengetahuan kita tentang manfaat tersembunyi dari kalsium.
ADVERTISEMENT
Menurut Andriyanto, kalsium merupakan zat pengatur yang tak hanya bisa melindungi fungsi tulang dan gigi tapi juga mampu mengurangi tekanan darah tinggi.
Kerja kalsium di dalam tubuh berlawanan dengan kerja natrium. Artinya bila natrium di dalam tubuh tinggi, maka kalsium akan turun. Demikian sebaliknya.
"Jadi pada pasien tekanan darah tinggi itu akan baik bila diberikan makanan dan minuman yang tinggi kalsium," imbuhnya.
Fungsi selanjutnya dari kalsium bagi tubuh, kata Andriyanto, adalah membantu pembuluh darah untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Sehingga kalsium juga bagus untuk kesehatan jantung dan sistem saraf.
"Bagi anak-anak, terutama anak perempuan, kalsium juga banyak membantu menurunkan sindrom pre menstruasi. Ketika adik-adik perempuan kita ada sakit ketika menstruasi atau pre menstruasi, maka ahli gizi akan menganjurkan untuk minum susu atau produk susu lainnya yang difermentasikan," jelas Staf Ahli Gubernur Jatim ini.
ADVERTISEMENT
Penting diketahui bahwa tubuh tidak mampu memproduksi kalsium. Tubuh akan melepas kalsium di dalam tulang dan gigi kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Sehingga kalsium harus cukup di dalam tulang dan gigi.
Saat tubuh kekurangan kalsium dan gigi pada usia lanjut maka yang terjadi adalah bisa menyebabkan penyakit osteoporosis atau kerapuhan tulang. Sehingga pada lansia, kata Andriyanto, membutuhkan kalsium lebih banyak daripada orang dewasa.
"Untuk sumber kalsium ada pada produk susu, susu yang difermentasi seperti yogurt. Kemudian ada pada keju, es krim. Ikan dengan tulang lunak juga mengandung kalsium, seperti salmon, sarden, dan tenggiri. Kalau pada sayur-sayuran adalah sayur yang berwarna hijau tua sekali seperti daun singkong dan bayam. Kacang-kacangan juga mengandung kalsium," paparnya lagi.
ADVERTISEMENT
Andriyanto mengatakan, kalsium tidak diserap tubuh secara total setelah dilepaskan tulang, dibutuhkan juga vitamin D. Dan vitamin D yang paling bagus adalah yang berasal dari sinar matahari.
"Di negara tropis seperti Indonesia, sinar matahari yang paling bagus pada jam setengah tujuh pagi sampai setengah delapan," tukasnya.
Kalsium dengan bantuan vitamin D tersebut, lanjut Andriyanto, juga penyerapannya baru 60 persen belum 85 persen. Baru terserap 85 persen apabila disertai dengan melakukan aktivitas fisik seperti kegiatan olahraga.
"Oleh karena itu osteoporosis akan mungkin terjadi apabila seseorang tidak rajin atau kurang olahraga," imbuhnya.
Hal menarik lainnya terkait fungsi kalsium, kata Andriyanto, yakni kemampuannya untuk menurunkan kecemasan. Kalsium juga bisa meningkatkan imun.
"Kalsium itu bagus untuk fungsi saraf merangsang sistem saraf maupun merelaksasikan sistem saraf. Apalagi kalsium juga membantu pembuluh darah mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Sehingga bagus untuk kesehatan jantung. Tentunya dalam kondisi ini, ketika sel otak yang diliputi banyak saraf itu cukup kalsium maka seseorang akan bisa atau dengan cepat menenangkan diri apabila dilanda masalah," pungkasnya.
ADVERTISEMENT