kumparan
17 Sep 2019 17:33 WIB

Kuy Liburan ke Korea Selatan, Mumpung Gratis Biaya Visa

Cermati.com, Jakarta - Lagi buka Instagram, muncul paket open trip seminggu ke Korea Selatan (Korsel) cuma Rp8 jutaan. Nongol lagi flash sale penerbangan Jakarta-Seoul (PP) seharga Rp4 jutaan. Duh, bikin mupeng banget.
ADVERTISEMENT
Hasrat buat plesiran ke Negeri Gingseng untuk liburan akhir tahun ini atau awal tahun depan makin membuncah. Sudah terbayang bisa mengunjungi tempat lokasi syuting drama Korea yang terkenal, Gyeongbokgung Palace atau Istana Gyeongbok, Namsan Seoul Tower, Nami Island, Myeongdong Shopping & Food Street, dan objek wisata menarik lainnya.
Syukur-syukur bonusnya bisa berpapasan dengan artis K-Pop idola lagi sileweran di jalan. Kan lumayan bisa foto bareng buat dipamerin di medsos atau pas pulang ke Jakarta.
Ya, Korsel kini menjadi salah satu destinasi liburan favorit orang ASEAN, termasuk Indonesia. Semua tak terlepas dari pengaruh K-Pop dan K-Drama.
Jika kamu sudah punya rencana terbang ke Korsel tahun ini, sungguh beruntung. Pasalnya pemerintah setempat memberlakukan bebas biaya visa untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan negara ASEAN lain. Mau tahu seperti apa kebijakan tersebut? Berikut penjelasannya.
ADVERTISEMENT
Biaya Visa Korsel Gratis Selama 3 Bulan
Jarang-jarang nih gratis biaya visa ke luar negeri. Mumpung ada, yuk manfaatkan. Dikutip dari keterangan resmi Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia, pemerintah Korsel memberikan bebas biaya visa kepada warga ASEAN, termasuk Indonesia.
Jadi orang Indonesia dan negara-negara di Asia Tenggara yang mau mengunjungi Korsel mendapat pembebasan biaya pengajuan visa.
Adapun negara ASEAN lain di luar Indonesia, yaitu Singapura, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Filipina, Brunei Darussalam, Laos, serta Myanmar.
  • Bebas biaya visa berlaku untuk pengajuan visa mulai 1 Oktober hingga 31 Desember 2019.
Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, H.E Kim Changbeom mengungkapkan, minat orang Indonesia mengunjungi Korsel semakin meningkat setiap tahunnya.
ADVERTISEMENT
Data tahun 2018 menunjukkan, Kedubes Republik Korea untuk Indonesia telah menerbitkan total 157.924 visa. Berdasarkan jumlah tersebut, terjadi kenaikan sebanyak 15% setiap tahun.
“Program bebas biaya visa ini diharapkan dapat memberikan kesempatan dan pengalaman bagi banyak warga indonesia yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan Korea,” kata Changbeom, seperti dikutip Cermati.com.
Baca artikel selengkapnya di sini.