Semangat Bangkit di Era Pascapandemi Melalui Gotong Royong dan Kolaborasi

Fuad Adhim Al Hasan
Mahasiswa Politeknik Negeri Jember
Konten dari Pengguna
26 Maret 2023 9:50 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Fuad Adhim Al Hasan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Semangat Bangkit Era Pascapandemi. Sumber: Ilustrasi Creative AI Bing
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Semangat Bangkit Era Pascapandemi. Sumber: Ilustrasi Creative AI Bing
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pandemi COVID-19 telah mengubah banyak aspek dalam kehidupan kita, termasuk cara kita bekerja dan berkolaborasi. Namun, di tengah tantangan yang dihadapi, muncul semangat bergerak bangkit bersama yang diperkuat oleh nilai gotong royong dan kolaborasi.
ADVERTISEMENT
Nilai gotong royong telah melekat kuat dalam budaya Indonesia sejak lama. Semangat ini kembali muncul dan semakin diperkuat pada masa pandemi ini. Salah satu contohnya adalah upaya JNE dalam membantu distribusi vaksin COVID-19 ke seluruh pelosok Indonesia.
Kolaborasi juga menjadi kunci penting dalam menghadapi pandemi ini. Berbagai pihak bekerja sama untuk menyediakan kebutuhan masyarakat yang terdampak, termasuk tenaga kesehatan, pihak swasta, dan pemerintah. Kerjasama yang erat ini sangat penting dalam membangun kembali perekonomian nasional.
Dalam bidang entrepreneurship, semangat bergerak bangkit bersama ini juga terlihat. Banyak pelaku UMKM mengalami kesulitan selama pandemi, namun mereka tetap berjuang dan berinovasi untuk tetap bertahan. Beberapa pelaku UMKM bahkan beralih ke produksi barang yang dibutuhkan selama pandemi, seperti masker dan hand sanitizer.
ADVERTISEMENT
Namun, semangat bergerak bangkit bersama tidak hanya terbatas pada entrepreneurship. Di bidang sosial, banyak juga yang berjuang untuk membantu masyarakat terdampak pandemi. Ada banyak komunitas yang terbentuk untuk menyediakan bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.
Semangat bergerak bangkit bersama ini mengajarkan kita untuk tidak menyerah dalam menghadapi tantangan. Kita bisa belajar dari banyak contoh di sekitar kita, mulai dari JNE dalam membantu distribusi vaksin hingga pelaku UMKM yang terus berinovasi untuk tetap bertahan.
Tidak hanya itu, banyak juga yang memanfaatkan teknologi untuk berinovasi dan terus berusaha berkembang. Ada banyak contoh kisah inspiratif di bidang entrepreneurship yang muncul selama pandemi ini, seperti UMKM yang berubah menjadi e-commerce dan berhasil meningkatkan omzetnya.
Melalui semangat bergerak bangkit bersama ini, kita bisa membangun kembali Indonesia yang lebih baik dan lebih kuat pascapandemi. Mari kita terus berjuang dan berkolaborasi, dengan harapan dapat membawa dampak positif di sekitar kita.
ADVERTISEMENT
#JNE32tahun, #JNEBangkitBersama dan #jnecontentcompetition2023 #ConnectingHappiness