Alat Make Up Lengkap untuk Pemula, Wajib Kamu Miliki!

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
28 September 2021 12:02
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi alat makeup lengkap. Sumber: pixabay
ADVERTISEMENT
Bagi kamu yang masih pemula dalam dunia per-make up-an, kamu mungkin akan bingung ketika ingin membeli alat make up lengkap yang bisa kamu gunakan untuk berdandan. Sering kali, alat-alat make up yang dibeli justru tidak digunakan semuanya.
ADVERTISEMENT
Maka dari itu, kamu perlu mengetahui apa saja alat make up lengkap yang perlu kamu miliki dan coba untuk pemula. Jangan sampai kamu membeli tanpa tahu fungsi alat tersebut dan pada akhirnya jadi mubazir.
Penasaran apa saja alat make up lengkap yang bisa kamu beli? Simak terus selengkapnya di bawah ini ya!

Alat Make Up Lengkap untuk Pemula

1. Sponge atau Beauty Blender
Ilustrasi sponge. Sumber: freepik
Alat make up yang pertama kali kamu harus punya adalah sponge atau beauty blender. Fungsi dari alat ini ialah untuk membaurkan produk cair seperti foundation, bb cream, cream blush, atau cream highlighter agar lebih menyatu dengan kulit serta lebih higienis dibandingkan dengan menggunakan tangan secara langsung.
ADVERTISEMENT
2. Foundation Brush
Ilustrasi foundation brush. Sumber: pixabay
Foundation brush bisa menjadi opsi untuk kamu yang tidak ingin membeli sponge make up. Bedanya dengan sponge atau beauty blender ialah foundation brush memiliki coverage yang lebih tinggi dalam mengaplikasikan foundation.
Hal ini dikarenakan sponge atau beauty blender lebih banyak menyerap produk cair dibandingkan dengan brush. Maka dari itu, jika kamu ingin lebih tebal atau lebih menutup bagian-bagian di wajahmu, disarankan menggunakan foundation brush ini.
3. Face Powder Brush
Ilustrasi facepowder. Sumber: freepik
Alat make up yang satu ini berguna untuk mengaplikasikan bedak tabur atau padat dan wajib kamu miliki! Mengeset wajahmu menggunakan face powder adalah hal yang penting jika kamu ingin make up tahan lama.
Jika kamu menginginkan taburan bedak yang tidak terlalu tebal dan menor kamu bisa menggunakan brush ini dengan cara diusap-usap secara lembut tanpa ditekan wajahmu.
ADVERTISEMENT
4. Blush Brush
Ilustrasi blush brush. Sumber: pixabay
Sesuai dengan namanya, alat make up yang satu ini berguna untuk mengaplikasikan blush atau perona pipi. Kenapa membutuhkan brush yang berbeda dengan face powder? Karena pastinya kamu tidak ingin warnanya tercampur.
Ketika kamu menggunakan face powder brush untuk mengaplikasikan perona pipi, bisa jadi wajahmu juga ikut warnanya senada dengan perona pipimu. Maka dari itu, kamu harus memiliki alat yang berbeda.
4. Spoolie Brush
Ilustrasi spoolie brush. Sumber: unsplash
Brush yang satu ini merupakan alat make up yang kamu gunakan untuk menyisir dan merapikan alismu ketika kamu akan menggunakan produk make up untuk alis. Kamu bisa menggunakan brush ini sebelum dan sesudah menggunakan pensil alis.
6. Eyeshadow Blending Brush
Ilustrasi eyeshadow blending brush. Sumber: pixabay
Jika kamu belum mempunyai alat make up untuk bagian mata, alat ini adalah alat make up mata pertama yang harus kamu miliki. Fungsi utamanya untuk mengaplikasikan eyeshadow dasar secara merata dan membaurkan warna-warna eyeshadow yang kamu gunakan agar warnanya menyatu dengan baik.
ADVERTISEMENT
7. Fan Brush
Ilustrasi fan brush. Sumber: pixabay
Khusus untuk brush yang satu ini, digunakan untuk mengaplikasikan highlighter di bagian-bagian wajah yang ingin kamu tonjolkan.
Penggunaan highlighter ini memberikan kesan wajah yang glowing, sehat, dan juga cerah. Maka dari itu, hanya bagian-bagian tertentu saja yang kamu aplikasikan highlighter dan tidak di seluruh wajah.
8. Contour Brush
Ilustrasi contour brush. Sumber: pixabay
Brush yang satu ini juga memiliki fungsi untuk membantu menonjolkan dan mempertegas area-area wajahmu yang ingin kamu tegaskan, seperti bagian jaw line, hidung, dan area-area lainnya.
Pastinya, menempatkan contour itu juga tidak boleh sembarangan karena bisa akan membuat tampilan wajahmu terlihat berbeda. Maka dari itu, dibutuhkan juga brush khusus ini.
9. Penjepit Bulu Mata
Ilustrasi penjepit bulu mata. Sumber: unsplash
Penjepit mata juga termasuk ke dalam alat make up yang wajib dimiliki pemula. Kegunaan dari penjepit bulu mata ini untuk melentikkan bulu matamu yang turun sehingga matamu akan terlihat lebih terbuka dan wajahmu akan terlihat lebih fresh. Wajib deh kamu miliki!
ADVERTISEMENT
(MA)