Mengenal Apa Artinya PMS pada Wanita, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Kumpulan berita dan informasi terkini seputar wanita, gaya hidup, kecantikan, dan karier.
Konten dari Pengguna
18 April 2022 21:38
·
waktu baca 3 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Hello Ladies tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Apa Artinya PMS pada Wanita? Foto: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Apa Artinya PMS pada Wanita? Foto: Pixabay
ADVERTISEMENT
Mungkin kamu sering mendengar kata PMS, namun sudahkah kamu tahu apa artinya PMS?
ADVERTISEMENT
PMS adalah singkatan dari Premenstrual Syndrome, yakni gejala yang muncul menjelang masa menstruasi pada wanita. Gejala ini bisa menyebabkan perubahan fisik serta emosional pada wanita sebelum masa haid berlangsung. Gejala PMS umumnya muncul 1 minggu sebelum hari menstruasi di setiap bulan.
Setiap wanita memiliki gejala PMS yang berbeda-beda. Ada yang mengalami gejala ringan, cukup parah, dan lebih parah. Gejala PMS muncul disebabkan oleh perubahan hormon pada wanita yang sel telurnya tidak dibuahi, atau wanita yang tidak mengalami kehamilan.
Perubahan hormon ini juga berpengaruh terhadap perubahan emosi pada diri wanita sehingga mengalami perasaan tidak menentu secara berlebihan.
Lalu, seperti apa gejala PMS dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjelasannya berikut ini.
ADVERTISEMENT

Apa Artinya PMS, Gejala, dan Cara Mengatasi

Dilansir dari Healthline dan Web MD, ini dia gejala PMS dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui.

Gejala PMS

Ilustrasi gejala PMS. Sumber: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi gejala PMS. Sumber: Pixabay
Gejala PMS terjadi pada wanita yang tidak mengalami kehamilan dan belum memasuki masa menopause.
Ada beberapa gejala fisik yang dialami oleh wanita selama memasuki masa PMS, seperti sakit kepala, nyeri dan pembengkakan pada payudara, kram perut, munculnya jerawat, serta perut terasa kembung.
Selain gejala fisik, wanita juga kerap mengalami gejala emosional saat PMS, seperti mudah marah, suasana hati mudah berubah, insomnia, dan merasa kelelahan.
Sebagian orang merasakan gejala PMS dengan tingkatan yang berbeda-beda. Gejala yang cukup parah dapat mempengaruhi aktivitas sehari-hari. Namun, gejala ini umumnya dapat menghilang dalam waktu tiga sampai empat hari setelah menstruasi datang.
ADVERTISEMENT

Cara Mengatasi Gejala PMS

Ilustrasi olahraga. Sumber: Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi olahraga. Sumber: Pixabay
Untuk mengatasi gejala PMS, kamu dapat melakukan beberapa cara sederhana di rumah agar tidak memperparah gejala yang kamu alami.
Contohnya seperti rutin berolahraga sebelum menjelang masa PMS dan saat masa PMS berlangsung, mengonsumsi makanan bergizi seperti buah dan sayur, memiliki kualitas tidur yang baik, mengelola stres, hindari konsumsi garam berlebihan, menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol yang dapat memperburuk keadaan kamu selama masa PMS berlangsung.
Kamu juga dianjurkan untuk melakukan relaksasi agar keadaan tubuh menjadi lebih rileks, sehingga dapat mengurangi gejala PMS. Jika beberapa cara di atas tidak berpengaruh terhadap tingkat gejala PMS yang kamu alami, kamu dapat mengonsumsi obat anti nyeri untuk mengatasi gejala PMS.
Namun, kamu perlu memperhatikan kandungan yang terdapat di dalamnya dan kamu tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat-obatan terlalu sering karena dapat mengalami ketergantungan yang tidak baik untuk kesehatan tubuhmu.
ADVERTISEMENT
Usahakan untuk melakukan beberapa kegiatan sederhana di rumah menjelang masa PMS berlangsung, untuk meminimalisir gejala PMS yang cukup parah.
Itulah beberapa gejala PMS dan cara mengatasinya yang perlu kamu ketahui. Semoga informasinya membantu, ya.
(IKN)
Apa itu PMS?
chevron-down
Seperti apa gejala PMS pada wanita?
chevron-down
Bagaimana cara mengatasi gejala PMS pada wanita?
chevron-down