kumparan
18 Okt 2018 18:16 WIB

Manfaat Meminum Air Zam - Zam Untuk Kesehatan ( Part 2 )

Manfaat minum air zam-zam | ShutterStock
Assalamualaikum sahabat hijab, masih membahas tentang air zam-zam. Tahukah kamu sahabat bahwa air zam-zam memiliki manfaat sesuai dengan keinginan seseorang yang meminumnya.Jadi apabila sahabat mempunyai suatu keinginan, misalnya ingin diterima sekolah atau bekerja disalah satu perusahaan. Sahabat bisa meminum air zam-zam seraya berdoa dan memohon kemudahan kepada Allah SWT. Seperti yang diriwayatkan oleh Al-Humaidi : “Saya pernah berada di sisi Sufyan bin Uyainah, lalu beliau menceritakan kepada kami hadits:
ADVERTISEMENT
مَاءُ زَمْزَمَ لِمَا شُرِبَ لَهُ
"Air zamzam tergantung keinginan seorang yang meminumnya"
Tiba-tiba ada seorang lelaki bangkit dari majelis, kemudian kembali lagi seraya mengatakan, "Wahai Abu Muhammad, bukankah hadits yang engkau ceritakan kepada kami tadi tentang zamzam adalah hadits yang shahih?’"Jawab beliau, ‘Benar.’ Lelaki itu lalu berkata, "Baru saja aku meminum seember air zamzam dengan harapan engkau akan menceritakan kepadaku seratus hadits." Akhirnya, Sufyan berkata kepadanya, ‘Duduklah.’ Lelaki itu pun duduk dan Sufyan menceritakan seratus hadits kepadanya.”
Selain itu, air zam-zam juga memiliki beberapa manfaat yang sangat ampuh untuk kesehatan. Yuk langsung saja simak ulasan berikut ini :
8. Mengobati Berbagai Penyakit
Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah Zam-Zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”
ADVERTISEMENT
Sebagaimana hadist diatas, telah dinyatakan secara jelas bahwa mengkonsumsi air Zam Zam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Inilah yang kemudian menyebabkan mereka yang nelaksanakan ibadan haji atau umrah selalu membawa oleh-oleh air Zam Zam.
9. Membuat Pintar
Dari Imam Syafi’i bahwa beliau minum air zamzam dengan niat untuk pandai memanah sehingga dalam sepuluh kali memanah beliau tepat sebanyak sembilan kali mengenai sasaran. Dalam riwayat lain, beliau berkata, “Saya minum air zamzam untuk tiga hal: (1) pintar memanah maka dalam sepuluh kali saya tepat semua mengenai sasaran, (2) pandai dalam agama maka sebagaimana kalian lihat sendiri sekarang, (3) untuk masuk surga maka saya berharap untuk mendapatkannya kelak”.
10. Memperoleh Kebaikan Dunia
ADVERTISEMENT
Al-Allamah Zhafar Ahmad at-Tahanuwi, salah seorang ulama India (1394 H) bercerita bahwa beliau minum air zamzam pada saat haji untuk kebaik-kebaikan dunianya yang kebanyakannya telah terwujudkan, salah satunya adalah agar beliau bisa fasih dalam mengajar dan berkhotbah karena lidahnya agak pelat, lalu beberapa saat setelah itu Allah memberikan kefasihan kepada beliau dalam khotbah dan mengajar. Segala puji bagi Allah
11. Mampu Membersihkan Hati
Air Zam Zam tidak hanya mampu sebagai detiksifikasi dalam tubuh. Namun, juga mampu secara psikologis membersihkan hati dari berbagai macam penyakit hati. Yang tentunya dapat menjerumuskan kita kepada perbuatan maksiat dan tercela. Sebagaimana penyakit hati menurut islam , akibat makan makanan haram , dan cara menjaga kesehatan hati .
ADVERTISEMENT
12. Menguatkan rahim saat hamil
Manfaat selanjutnya dari minum ari zam- zam adalah mampu menguatkan rahim selama hamil. Rahim merupakan tempat tumbuhnya janin didalam perut ibu. Rahim yang kuat tentu baik untuk janin dan ibu sehingga ibu tetap bisa melakukan aktifitas biasanya seperti saat belum hamil. Lain lagi jika rahim ibu hamil tidak kuat. Takutnya jika ibu hamil melakukan kegiatan yang berat bisa menyebabkan keguguran.
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan