Prodi DIII Kebidanan ITS PKU Memerangi Kanker Serviks dan Kanker Payudara

Institut Teknologi Sains  Kesehatan PKU Muhammadiyah
Kampus Inspiratif Islami Berkemajuan
Konten dari Pengguna
15 Maret 2023 12:07 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Institut Teknologi Sains Kesehatan PKU Muhammadiyah tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penyuluhan kakker serviks dan kanker payudara
zoom-in-whitePerbesar
Penyuluhan kakker serviks dan kanker payudara
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
ITS PKU – Prodi DIII Kebidanan ITS PKU mengadakan Penyuluhan kesehatan kanker serviks dan kanker payudara pada 11 februari 2023 hari sabtu di Nusukan RT 7 dan 8 RW 23 Nusukan Kecamatan Banjarsari Surakarta. Penyuluhan yang dilaksanakan oleh mahasiswa dan dosen pembimbing prodi DIII kebidanan ITS PKU Muhammadiyah Surakarta diikuti sejumlah 35 peserta dari warga Nusukan.
Penyuluhan Kanker serviks dan kanker payudara
Disampaikan oleh Wiwik Puspita Dewi, SST., M.Keb selaku dosen Kebidanan menyampaikan bahwa penyuluhan ini bagian dari praktik kebidanan komunitas dari mahasiswa DIII kebidanan semester akhir. Kanker termasuk salah satu dari Penyakit Tidak Menular (PTM) yang mempunyai kecenderungan terus meningkat setiap tahunnya, sehingga dapat dikatakan bahwa beban yang harus ditanggung dunia akibat penyakit tersebut juga semakin meningkat. Kanker serviks merupakan penyebab kematian tertinggi kedua di dunia pada wanita setelah kanker payudara.
ADVERTISEMENT
"Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang kanker serviks dan kanker payudara, dan kami juga memberi edukasi kepada warga bagaimana melakukan deteksi dini dan cara perawatanya secara benar” kata wiwik.
mahasiswa kebidan ITS PKU bersama warga Nusukan
“Harapannya adalah agar masyarakat khususnya ibu-ibu lebih sadar untuk menjaga kesehatan reproduksi dan dapat melakukan deteksi dini pada kanker serviks dan kanker payudara serta dapat melakukan perawatan vaginal exam dan besar exam secara mandiri di rumah. (Humas/tg)