Analisis dan Strategi dalam Membuat Konten Media Sosial

Ilham Citra Mulyawan
Mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang
Konten dari Pengguna
29 Februari 2024 18:58 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Ilham Citra Mulyawan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Pemberian materi oleh Head of Audience Management kumparan yaitu Mahatmanara M Sophiaan.
zoom-in-whitePerbesar
Pemberian materi oleh Head of Audience Management kumparan yaitu Mahatmanara M Sophiaan.
ADVERTISEMENT
Pada zaman sekarang media sosial dirasa cukup dinamis, berkembang sebagai pembuat konten memerlukan pendekatan yang strategis dan bijaksana. Membuat konten yang tidak hanya memikat audiens, tetapi juga mendorong keterlibatan dan pertumbuhan sangatlah penting. Pemahaman dan strategi ini dilakukan oleh Head of Audience Management kumparan yaitu Mahatmanara M Sophiaan.
ADVERTISEMENT
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan serta strategi untuk berkembang dengan konten media sosial:
Memahami audiens adalah dasar dari konten media sosial yang sukses. Lakukan penelitian menyeluruh untuk mengidentifikasi preferensi, demografi, dan minat mereka. Sesuaikan konten agar sesuai dengan audiens target, ciptakan koneksi yang mendorong keterlibatan.
Jadikan konten media sosial Anda sebagai alat untuk mendukung edukasi dan kesadaran masyarakat. Sampaikan informasi yang membantu pemirsa memahami isu-isu penting, mendorong pemikiran kritis, dan meningkatkan literasi berita.
Gambar dan video memiliki daya tarik yang kuat di media sosial. Pastikan untuk menggunakan media visual dengan cerdas. Gunakan grafik yang menarik, kreatif, dan relevan dengan merek atau pesan yang ingin Anda sampaikan.
ADVERTISEMENT
Meskipun konsistensi posting penting, lebih baik memiliki sedikit konten berkualitas daripada banyak konten yang kurang bermakna. Fokuslah pada konten yang memberikan nilai tambah kepada audiens. Gunakan gambar yang menarik, tulisan yang informatif, dan video berkualitas.
Media sosial bukan hanya menjadi platform untuk berbagi momen pribadi atau tren hiburan, tetapi juga menjadi wadah penting bagi informasi dan berita. Sebagai seorang content creator, penting untuk memahami nilai-nilai berita agar konten yang dibuat tidak hanya menarik perhatian, tetapi juga memberikan nilai positif dan informatif.
Berikut adalah beberapa aspek yang perlu dipahami dalam membuat konten media sosial yang memperhatikan nilai-nilai berita:
Suatu pembaruan atau suatu hal yang baru saja terjadi. Kata lainnya, tiap peristiwa, kejadian, atau kegiatan yang sedang terjadi, langsung disebarluaskan kepada publik.
ADVERTISEMENT
Ketokohan berkaitan dengan tokoh publik, pejabat, artis, orang terkemuka, dan lainnya. Semua berita yang berhubungan dengan orang terkenal akan punya nilai berita ketokohan.
Sesuatu yang berdampak luas atau sesuatu yang sedang trend pada masyarakat. Bisa menimbulkan suatu hal yang ramai.
Kedekatan emosional yang berarti kedekatan peristiwa terhadap masyarakat, baik secara geografis, psikologis, serta ideologis.
Memahami prinsip-prinsip dasar etika jurnalistik adalah langkah penting. Hindari menyebarkan informasi palsu atau mengambil informasi tanpa memverifikasinya. Hargai privasi, hindari konflik kepentingan, dan berusaha untuk menyajikan konten dengan keadilan dan keseimbangan.
Dalam dunia media sosial yang terus berkembang, menjadi seorang content creator yang memperhatikan nilai-nilai berita adalah kunci untuk membangun reputasi yang positif dan memberikan kontribusi positif kepada masyarakat. Dengan memahami nilai-nilai berita dan menerapkannya dalam setiap konten yang dibuat, kita dapat menjadi agen perubahan yang memberikan informasi berkualitas dan membantu membentuk opini publik secara positif.
ADVERTISEMENT