Info Pemutihan Pajak Kendaraan 2022, Ini Daftar 8 Provinsi Penyelenggara

Konten dari Pengguna
5 Juli 2022 15:20
·
waktu baca 4 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Infootomotif tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Pajak Kendaraan Foto: Istimewa
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Pajak Kendaraan Foto: Istimewa
Info pemutihan pajak kendaraan 2022 bisa menjadi informasi berguna bagi Anda yang ingin mengikuti program ini. Sebab, belum lama ini sebanyak 8 provinsi telah menyelenggarakan program pemutihan pajak kendaraan guna meringankan beban masyarakat dalam membayar pajak. Lantas, apa saja informasi yang perlu Anda ketahui untuk setiap provinsinya?
Dikutip dari laman IDX, Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor merupakan program yang diluncurkan pemerintah daerah guna memberi ampunan atau menghapus denda pajak yang dikenakan kepada pemilik kendaraan. Selain itu, terdapat keringanan pembayaran pajak lainnya seperti bebas BBNKB II, bebas tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) tahun ke-5, diskon PKB, dan diskon BBNKB I.
Menjelang pertengahan tahun 2022, beberapa provinsi telah melaksanakan program pemutihan pajak kendaraan. Terdapat provinsi yang baru melaksanakannya, ada juga provinsi yang memperpanjang masa program ini. Provinsi-provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, dan Sulawesi Utara.
Tentu saja keringanan-keringanan yang diberikan setiap provinsi dalam program pemutihan pajak kendaraan berbeda-beda. Maka dari itu, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja yang ditawarkan oleh daerah Anda dalam program pemutihan pajak kendaraan ini.
Berikut informasi pemutihan pajak kendaraan 2022 yang dilaksanakan oleh beberapa provinsi.

Info Pemutihan Pajak Kendaraan 2022

Ilustrasi pajak kendaraan bermotor. Foto: Bagas Putra Riyadhana
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pajak kendaraan bermotor. Foto: Bagas Putra Riyadhana
Seperti yang sudah disebutkan di atas, beberapa provinsi memberikan tawaran keringanan yang berbeda-beda. Penting bagi Anda untuk mengetahui terlebih dahulu informasi pemutihan pajak kendaraan di daerah Anda. Berikut informasi setiap daerahnya:

1. Jawa Barat

Dikutip dari laman Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Jawa Barat, program pemutihan pajak kendaraan di Jawa Barat akan dilaksanakan mulai dari tanggal 1 Juli-31 Agustus 2022. Selain bebas dari denda PKB, program ini juga menawarkan beberapa keringanan, berikut daftarnya:
  • Bebas denda PKB.
  • Bebas Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor II (BBNKB II).
  • Bebas tunggakan PKB tahun ke-5.
  • Diskon PKB.
  • Diskon BBNKB I.

2. Jawa Timur

Dikutip dari laman Kominfo Jawa Timur, Pemprov Jawa Timur telah memperpanjang masa pemutihan pajak kendaraan hingga 30 September mendatang. Sebelumnya, program ini hanya berlaku mulai dari 1 April-30 Juni 2022. Berikut daftar keringanannya:
  • Bebas sanksi administrasi PKB.
  • Bebas sanksi BBNKB.
  • Bebas BBNKB II.

3. Bali

Dikutip dari laman Pemprov Bali, Provinsi Bali telah memperbaharui program pemutihan pajak yang berlaku mulai dari 4 Juli-31 Agustus 2022 sesuai dengan Pergub Bali No. 63 tahun 2021 dan No. 41 tahun 2022. Berikut daftarnya:
  • Bebas BBNKB (5 Januari-3 Juni 2022).
  • Bebas denda PKB (4 April 2022-31 Agustus 2022).

4. Kalimantan Tengah

Dikutip dari laman Pemerintah Kota, pemutihan pajak kendaraan Kalimantan Tengah telah dilaksanakan dari tanggal 17 Mei 2022 hingga 17 Agustus 2022. Program ini juga merupakan bentuk perayaan hari ulang tahun Kalimantan Tengah yang ke-65. Berikut daftarnya:
  • Bebas sanksi administrasi PKB.
  • Bebas sanksi administrasi BBN II.
  • Bebas pokok BBN II.
  • Bebas pajak progresif ke-3 dan seterusnya.
  • Diskon PKB.

5. Kalimantan Utara

Dikutip dari laman Pemerintah Kota, pemutihan pajak kendaraan Kalimantan Utara telah dilaksanakan dari tanggal 1 April 2022 hingga 30 September 2022. Namun keringanan yang diberikan hanya bebas BBNKB II.

6. Nusa Tenggara Barat

Dikutip dari laman Pemerintah Kota, pemutihan pajak kendaraan Nusa Tenggara Barat telah dilaksanakan dari tanggal 18 April 2022 hingga 31 Juli 2022. Sama seperti Provinsi Kalimantan Utara, NTB hanya memberikan keringanan berupa bebas BBNKB II.

7. Bangka Belitung

Dikutip dari laman Samsat Bangka Belitung, pemutihan pajak kendaraan Bangka Belitung telah dilaksanakan dari tanggal 25 April 2022 hingga 29 Juli 2022. Berikut daftar keringanannya:
  • Bebas denda PKB.
  • Bebas BBNKB II.
  • Bebas BBNKB mutasi masuk dari luar provinsi.

8. Sulawesi Utara

Dikutip dari laman Pemerintah Kota, pemutihan pajak kendaraan Sulawesi Utara telah dilaksanakan dari tanggal 26 April 2022 hingga 9 Juli 2022. Berikut daftarnya:
  • Bebas denda PKB.
  • Bebas BBNKB.
  • Bebas denda BBNKB.
Seperti itu informasi seputar pemutihan pajak kendaraan 2022. Walaupun terdapat keringanan dalam program pemutihan ini, pastikan Anda selalu tepat waktu dalam membayar pajak. Hal tersebut dilakukan agar Anda menjadi warga negara yang bertanggung jawab.
Kapan pemutihan pajak mobil 2022 Jawa Barat?
chevron-down
Kapan pemutihan pajak kendaraan 2022 Jawa Timur?
chevron-down
Mana saja daerah yang punya program pemutihan pajak kendaraan 2022?
chevron-down
(AA)