Nama Maskot Piala Dunia 2022 Siapa? Ini Jawabannya

Konten dari Pengguna
25 November 2022 16:35
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Info Sport tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Nama maskot Piala Dunia 2022. Foto: FIFA
zoom-in-whitePerbesar
Nama maskot Piala Dunia 2022. Foto: FIFA
ADVERTISEMENT
Piala Dunia 2022 sudah berlangsung selama beberapa hari dan salah satu hal yang menyita perhatian para penggiat olahraga adalah maskotnya. Lantas, siapa nama maskot Piala Dunia 2022?
ADVERTISEMENT
Seperti yang diketahui, maskot Piala Dunia adalah salah satu hal yang membawa nuansa tersendiri untuk setiap tahun penyelenggaraannya. Secara garis besar, maskot Piala dunia direpresentasikan sebagai identitas sebuah negara yang menyelenggarakan kompetisinya alias yang menjadi tuan rumahnya.
Dikutip dari laman FIFA, Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar memiliki maskot bernama La’eeb, atau yang diartikan dalam bahasa Inggris “Super-skilled Player” atau pemain yang memiliki skill super.
La’eeb memiliki tampilan layaknya ghutra putih yang memiliki kemampuan untuk terbang. Namun, La’eeb sendiri diciptakan untuk bisa diinterpretasikan oleh para penggemarnya. Karena Le’eeb merepresentasikan sebuah dunia di mana ide dan kreativitas bisa terbentuk bebas di benak para penggemarnya.
La’eeb merupakan salah satu bentuk maskot yang unik apabila melihat maskot pada pagelaran Piala Dunia sebelum-sebelumnya. Karena mayoritas maskot yang dibentuk oleh penyelenggara sebelumnya biasanya memiliki tampilan manusia, hewan, atau buah yang lekat dengan negaranya.
ADVERTISEMENT
Lantas, siapa saja nama maskot pada perhelatan Piala Dunia terdahulu? Berikut informasinya.

Nama-nama Maskot Piala Dunia FIFA

Nama maskot Piala Dunia. Foto: Unsplash
zoom-in-whitePerbesar
Nama maskot Piala Dunia. Foto: Unsplash
Masih mengutip laman yang sama, maskot pada Piala Dunia FIFA sudah eksis sejak perhelatan Piala Dunia 1966 di Inggris. Maka dari itu, sampai saat ini maskot Piala Dunia sudah berjumlah 15 termasuk La’eeb. Berikut daftar namanya sesuai tahun penyelengaraannya:

1. Piala Dunia 1966 Inggris (World Cup Willie)

World Cup Willie masih sering dikatakan sebagai maskot Piala Dunia terunik dan terorisinil sepanjang perhelatan kejuaraan paling bergengsi di dunia ini. Menggunakan maskot singa Inggris yang mengenakan jersey Union Jack dengan tajuk “World Cup” pada bagian depannya, World Cup Willie berhasil menjadi pionir bahkan menjadi benchmark untuk maskot olahraga lainnya.

2. Piala Dunia 1970 Meksiko (Juanito)

Piala Dunia Meksiko 1970 memiliki maskot berupa anak kecil yang menggunakan topi sombrero dengan baju hijau yang terlihat ketat dan kekecilan. Juanito mampu memberikan gambaran yang unik dalam Piala Dunia pertama yang disiarkan dengan warna.
ADVERTISEMENT

3. Piala Dunia 1974 Jerman (Tip & Tap)

Tip & Tap memiliki tema yang sama dengan tahun sebelumnya, namun menggambarkan dua anak kecil yang mengenakan jersey warna putih (jersey timnas). Kedua jersey yang dikenakan memiliki makna yang berbeda, yakni huruf WM (Weltmeisterschaft/Piala Dunia) dan yang satunya menggunakan angka 74.

4. Piala Dunia 1978 Argentina (Gauchito)

Gauchito memiliki tampilan anak kecil yang sedang menginjak bola dengan mengenakan jersey timnasnya yang dihiasi menggunakan topi bertajuk “Argentina ‘78”.

5. Piala Dunia Spanyol (Naranjito)

Naranjito merupakan bahasa spanyol yang berarti “Little Organe” atau jeruk kecil. Ini dibuktikan dengan maskotnya berbentuk jeruk kecil yang lucu dengan mengenakan jersey kebanggaan timnasnya.

6. Piala Dunia Meksiko 1986 (Pique)

Kembali lagi menjadi tuan rumah Piala Dunia, Meksiko menghadirkan maskot baru bernama Pique. Ini merupakan maskot berbentuk cabai besar hidup yang memiliki kumis layaknya stereotip orang Meksiko.
ADVERTISEMENT

7. Piala Dunia Itali 1990 (Ciao)

Maskot Ciao merupakan maskot Piala Dunia yang paling ikonik. Sebab bentuknya seperti stick figure yang berwarna lambang Italia dengan kepala bola. Ini membuat maskotnya menjadi maskot pertama Piala Dunia yang tidak menggunakan wajah.

8. Piala Dunia Amerika Serikat 1994 (Striker)

Striker merupakan maskot revolusioner milik Amerika Serikat dengan bentuk anjing yang mengenakan baju kebanggaan negaranya dengan tajuk “USA 94” pada bagian tengah jersinya.

9. Piala Dunia Prancis 1998 (Footix)

Maskot Piala Dunia Prancis 1998 mendapatkan inspirasi dari World Cup Willie sebagai emblem nasional yang dibentuk dalam sebuah maskot, yakni Ayam Galia bernama Footix. Maskot ini merupakan salah satu maskot yang paling berwarna dengan turnamen yang berwarna pula.

10. Piala Dunia Korea/Japan 2022 (Ato, Kaz, and Nik)

Maskot pertama dalam abad baru dihiasi dengan tiga buah maskot berwarna ungu, biru, dan kuning. Maskot ini melambangkan Ato sebagai pelatih dengan Kaz dan Nik sebagai pemainnya. Nama-nama maskot ini dipilih berdasarkan pemungutan suara pada gerai-gerai McDonald di negara penyelenggara.
ADVERTISEMENT

11. Piala Dunia Jerman 2006 (Goleo VI & Pille)

Kembali menjadi tuan rumah Piala Dunia, Jerman menghadirkan maskot baru yang membawa kembali maskot “tradisional” pada perhelatan turnamen ini dengan tajuk “Goleo VI & Pille”. Geleo VI merupakan seekor singa dan Pille adalah bola yang bisa berbicara.

12. Piala Dunia Afrika Selatan 2010 (Zakumi)

Zakumi merupakan maskot berbentuk macan tutul dengan rambut hijau dan kulit kuningnya. Bersama maskot ini, Afrika Selatan berhasil menciptakan Piala Dunia yang paling dikenang sepanjang sejarah.

13. Piala Dunia Brazil 2014 (Fuleco)

Fuleco merupakan nama dari armadillo bergaris tiga pertama milik Brazil yang lahir di awal milenium. Fuleco digambarkan dengan tone berwarna biru yang direpresentasikan sebagai keindahan alami dari Brazil.

14. Piala Dunia Rusia 2018 (Zabivaka)

Pada urutan terakhir terdapat sebuah serigala yang diberi nama Zabviaka yang berarti “the one who scores” atau orang yang mencetak gol. Maskot yang satu ini digambarkan dengan keceriaan, dan kepercayaan diri.
ADVERTISEMENT
Demikian informasi seputar nama maskot Piala Dunia dari awal adanya maskot sampai tahun 2022. Dari ke-15 maskot di atas, maskot mana yang menjadi favorit Anda? Tulis di kolom komentar.
(AA)
Apa maskot pertama Piala Dunia?
chevron-down
Apa maskot Piala Dunia 1998?
chevron-down
Apa maskot Piala Dunia 2014?
chevron-down
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·